Text
Peran Kantin Kejujuran dalam Pendidikan Akhlak pada Siswa di MTsN 2 Kota Kediri
Pendidikan merupakan sarana latihan untuk membangkitkan nafsu-nafsu
rubbubiyah (ketuhanan) dan meredam ataumenghilangkan nafsu-nafsu
syaithaniyah. Dalam pendidikan peserta didik dikenalkan atau dilatih mengenai
perilaku (akhlakul karimah atau mahmudah) seperti jujur, rendah hati, sabar dan
lain sebagainya. Fokus pada penelitian ini adalah: 1). Bagaimana kantin kejujuran
di MTsN 2 Kota Kediri, 2). Bagaimana metode pendidikan akhlak melalui Kantin
Kejujuran di MTsN 2 Kota Kediri 3). Apa faktor pendukung dan faktor
penghambat penerapan program kantin kejujuran di MTsN 2 Kota Kediri.
Pendekatan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif,
dengan jenis pendekatan deskriptif, teknik yang digunakan adalah teknik
wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini
menggunakan teknik analisis deskriptif.
Kesimpulan dari penelian ini adalah: 1). Kantin kejujuran adalah sebuah
tempat dijualnya makanan dan minuman seprti yang ada di kantin pada umumnya
namun tanpa ada penjagaan, siswa mengambil makanan atau minuman sendiri dan
memasukkan uang kedalam kotak, 2). Metode pendidikan dalam kantin kejujuran
menggunakan metode pembiasaan dan metode keteladanan, 3). Faktor pendukung
penerapan kantin adalah kejujuran, dan motivasi positif siswa. Faktor penghambat
adalah kesadaran berbuat baik, kejujuran yang masih terhitung rendah, dan
karakter bawaan.
Tidak tersedia versi lain