Text
Manajemen Kelas Unggulan dalam Menunjang Keberhasilan Pembelajaran PAI (Studi KasusProgram Kelas Keagamaan Di MTsN 2 Kediri)
Manajemen kelas unggulan adalah pengelolaan yang dilakukan oleh
madrasah terhadap kelas unggulan. Pengelolaan tersebut meliputi peserta didik,
guru, kurikulum, sarana dan prasarana yang diharapkan mampu memberikan rasa
nyaman kepada para peserta didik, sehingga dapat mencapai keberhasilan dalam
pembelajaran dan mampu menghasilkan produk atau lulusan secara optimal. Di
MTsN 2 Kabupaten Kediri telah melaksanakan manajemen yang baik pada kelas
unggulan program keagamaan dengan salah satu tujuannya yaitu untuk
menunjang keberhasilan pembelajaran pendidikan agama islam. Oleh karena itu,
penulis tertarik untuk meneliti dengan fokus penelitian, yaitu : 1) Bagaimana
manajemen pada kelas unggulan di MTsN 2 Kabupaten Kediri, 2) Bagaimana
pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama islam pada kelas unggulan di MTsN
2 Kabupaten Kediri, 3) Bagaimana prestasi belajar pendidikan agama islam pada
peserta didik kelas unggulan di MTsN 2 Kabupaten Kediri.
Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Data-data dari lapangan
diperoleh melalui metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Setelah semua
data diperoleh langkah selanjutnya yaitu melakukan analisis data. Tahap akhir
dalam penelitian ini adalah melakukan teknik pemeriksaan untuk pengecekan
keabsahan data. Teknik pemeriksaan didasarkan pada derajat kredibilitas, untuk
membuktikan bahwa apa yang berhasil dikumpulkan oleh peneliti telah sesuai
dengan kenyataan yang ada dalam penelitian.
Hasil analisis data menunjukkan: 1) Manajemen pada kelas unggulan di
MTsN 2 Kabupaten Kediri diantaranya yaitu: rekrutmen peserta didik yang
unggul, penempatan guru yang profesional, penyediaan sarana dan prasarana yang
mendukung proses pembelajaran, penerapan kurikulum yang ditambah dengan
kegiatan pengembangan diri, serta pelaksanaan ma’had untuk peserta didik kelas
unggulan program keagamaan. 2) Pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama
islam pada kelas unggulan lebih banyak menggunakan metode diskusi, tanya
jawab, dan presentasi yang didukung dengan fasilitas yang ada sehingga peserta
didik menjadi lebih aktif dan antusias dalam belajar. 3) Prestasi belajar pendidikan
agama islam pada peserta didik kelas unggulan lebih unggul daripada kelas
reguler yang ditunjukkan dengan nilai raport rata-rata 80 keatas, serta dapat
menghafal Al-Qur’an rata-rata 2-4 juz.
Tidak tersedia versi lain