Text
Peran Kepemimpinan Kiai dalam Mengembangkan Kualitas Pendidikan Pesantren di Pondok Persantren Queen Al-Falah Ploso Mojo Kediri
Penelitian ini tentang peran kepemimpinan kiai di Pondok Pesantren Queen AlFalah. Pondok Pesantren Queen Al-Falah yang baru berdiri 24tahun. Kaitan
Kajian Penelitian ini meneliti Peran Kepemimpinan KH Ahmad Hasby Munif
setelah wafatnya muassis pondok Queen KH Munif Djazuly. Dalam
kepemimpinannya sudah terjadi banyak pengembangan seperti halnya lembaga
pendidikan formal komprehensif dari SMP hingga SMA / SMK serta pendidikan
al-qur’an. Perkembangan Pondok Pesantren queen tidak terlepas dari peran
kepemimpinan kiai sebagai figur sentral pesantren yang visi jauh kedepan. Oleh
karena itu, Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui: Model Kepemimpinan
KH Ahmad Hasby Munif di Pondok Pesantren Queen Al-Falah Ploso Mojo
Kediri. Dan Mengetahui Kualitas Pendidikan Pesantren di Pondok Pesantren
Queen Al-Falah.
Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan
menggunakan tiga metode pengumpulan data yaitu observasi, yang mana penulis
menjadi observasi partisipan, wawancara mendalam (indept interview),dan
Dokumentasi.. Untuk menganalisis data penulis melalui tiga jalur reduksi data,
penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan.
Penelitian ini mendapatkan hasil bahwa Model atau Gaya Kepemimpinan KH
Ahmad Hasby Munif di Pondok Pesantren Queen Al-Falah merupakan Pemimpin
Kharismatik yang transformatik Selain itu pula, Beliau seorang pemimpin muda
yang bertanggungjawab, energic dan cerdas serta sangat berperan penting didalam
pondok maupun diluar pondok. Dibawah Kepemimpinannya, Kualitas pendidikan
Quen sekarang bertambah lebih berkembang dibuktikan dengan pengembangan di
Kurikulum, Sumberdaya manusia, Kesiswaan, dan sarana prasarana, secara
kuantitas santrinya semakin bertambah banyak yang mondok di Pondok Pesantren
Queen Al-Falah
Tidak tersedia versi lain