Text
Peran Promotional Mix Dalam Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Kasus Di Home Industri Bakpia Latief Kelurahan Kampung Dalam Kota Kediri)
Promotional Mix adalah kombinasi dari alat promosi termasuk periklanan,
hubungan masyarakat, dan promosi penjualan digunakan untuk mencapai pasar
sasaran dan memenuhi tujuan perusahaan. Perusahaan pasti ingin meningkatkan
jumlah penjualan untuk mendapatkan laba yang lebih besar, dan dapat dilihat
betapa berperannya promosi dalam upaya untuk mencapai tujuan perusahaan yaitu
meningkatkan volume penjualan. Sama halnya dengan Home Industri Bakpia
Latief, yang melakukan berbagai promosi dalam meningkatkan volume penjualan.
Home Industri Bakpia Laitef adalah rumah usaha yang memproduksi berbagai
macam jenis bakpia yang sudah dikenal oleh masyarakat Kediri.
Jenis penelitian pada skripsi ini adalah penelitian kualitatif. Dengan
digunakan metode kualitatif ini maka data ini dibagi menjadi dalam tiga tahap
yaitu perencaaan kegiatan, pelaksanaan, dan analisis data. Sumber data yang
diperoleh adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data
penelitian ini menggunakan teknik wawancara, teknik pengamatan, dan teknik
dokumentasi. Teknik analisis data ini menggunakan reduksi data, penyajian data,
dan verifikasi. Untuk pengujian kredibilitas data menggunakan teknik tringulasi.
Dari rumusan masalah yang diteliti, penulis ingin mengetahui peran
promotional mix dalam meningkatkan volume penjualan Home Industri Bakpia
Latief perspektif marketing syariah. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa
promotional mix yang diterapkan Home Industri Bakpia Latief ada 3 yaitu
periklanan, promosi penjualan, dan pemasaran langsung. Peran promotional mix
yang diterapkan Home Industri Bakpia Latief dalam meningkatkan volume
penjualan telah cukup baik. Berbagai promosi yang terus diterapkan membuat
volume penjualan juga meningkat. Dalam peran promotional mix Home Indutri
Bakpia Latief ditinjau marketing syariah sudah diterapkan dengan baik. Konsep
yang sudah diterapkan diantaranya rabbaniyyah, akhlaqiyyah, al-waqi’iyyah, alInsaniyyah. Berdasarkan penelitian ini, Home Industri Bakpia Latief agar dapat
lebih menerapkan promotional mix dengan maksimal.
Tidak tersedia versi lain