Text
PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN SHAMPO HEAD & SHOULDER PADA SANTRI PONDOK AL-ISLAH GEDANGSEWU PARE KEDIRI
Pada kondisi di lapangan sebagian besar santri pondok Al-Islah Gedangsewu Pare Kediri mengalami masalah dengan kebersihan rambut. Kebanyakan santri menggunakan shampo Head & Shoulder untuk mengatasi masalahnya. Shampo Head & Shoulder yang merupakan produk shampo spesialis anti ketombe yang dirintis oleh Procter & Gamble (P&G) asal Amerika di mana shampo ini sendiri pertama kali diproduksi pada tahun 1961 dengan menggunakan bahan aktif anti ketombe. Dengan setelah menggunakan shampo Head & Shoulder, santri berharap dapatkan manfaat dari produk shampo tersebut. Kepuasan santri menggunakan produk shampo Head & Shoulder dapat ditentukan oleh manfaat barang atau jasa yang dikehendaki santri, sehingga jaminan kualitas menjadi prioritas dan tolak ukur santri untuk bisa merasakan kepuasan. Dimana kualitas produk bisa dilihat dari kemampuan produk untuk menunjukkan berbagai fungsi termasuk didalamnya ketahanan, handal, ketepatan, dan kemudahan dalam penggunaan prosuk shampo Head & Shoulder. Dari latar belakang tersebut, maksud dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh kualitas produk shampo Head & Shoulder terhadap kepuasan konsumen pada santri Pondok Al-Islah Gedangsewu Pare Kediri.
Jenis penelitian yang peneliti gunakan adalah penelitian kuantitatif. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis apakah ada pengaruh antara kualitas produk shampo Head & Shoulder terhadap kepuasan konsumen pada santri Pondok Al-Islah Gedangsewu Pare Kediri. Subjek dalam penelitian ini adalah populasi santri yang menggunakan shampo Head & Shoulder berjumlah 36 santri. Instrumen menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data regresi linier sederhana menggunakan SPSS for Windows Version 16 dengan kriteria signifikasi 0,05.
Hasil penelitian ini adalah 1) Kualitas produk dari shampo Head & Shoulder cukup baik karena shampo Head & Shoulder termasuk salah satu top brand shampo tahun 2017 meskipun bukan yang terbaik, namun mayoritas santri pada pondok Al-Islah menggunakan shampo Head & Shoulder. 2)Konsumen merasakan cukup puas dalam menggunakan shampo Head& Shoulder karena santri sebagai konsumen pemakai shampo Head & Shoulder menganggap bahwa shampo Head & Shoulder telah cukup memenuhi kebutuhan dan harapan santri dalam mengatasi masalah rambut yang dialami. 3)Terdapat pengaruh yang signifikan antara kualitas produk (X) terhadap variabel kepuasan konsumen (Y) shampo Head & Shoulder pada santri Pondok Al-Islah Gedangsewu Pare Kediri sebesar 72,7 %, sedangkan sisanya 27,3% dipengaruhi oleh faktor variabel lain diantaranya emosional, harga dan biaya.
Tidak tersedia versi lain