Text
IMPLEMENTASI KURIKULUM MUATAN LOKAL KITAB TAISIRUL KHALAQ DALAM MENINGKATKAN AKHLAK SISWA DI MTS HIDAYATUS SHOLIHIN TURUS GURAH KEDIRI TAHUN AJARAN 2017/2018
Penelitian ini dilatar belakangi oleh fakta yang ada dalam kehidupan
sehari-hari, seperti beberapa kasus yang telah terjadi dikalangan pelajar, yaitu
kurangnya sopan santun terhadap guru dan orang tua, lalu sering bertindak yang
buruk kepada sesama sampai terjadinya perkelahian antar siswa dan kenakalan
remaja yang telah terjadi dimana-mana. Karena akhlak merupakan hal yang sangat
penting dalam bertingkah laku. Dengan akhlak yang baik seseorang tidak akan
terpengaruh pada hal-hal yang negatif. Madrasah sebagai lembaga pendidikan
agama formal yang juga sebagai tempat anak untuk belajar merupakan salah satu
filter dalam menghadapi tantangan zaman yang semakin berkembang. Terlebih
dalam pembentukan akhlak. Dalam hal ini peneliti membahas tentang
implementasi kurikulum muatan lokal kitab Taisirul Khalaq dalam meningkatkan
akhlak siswa di MTs Hidayatus Sholihin Turus Gurah Kediri Tahun Ajaran
2017/2018. Tujuan penelitian ini adalah ini adalah (1) Bagaimana kondisi akhlak
siswa di Mts Hidayatus Sholihin Turus Gurah Kediri? (2) Bagaimana pelaksanaan
kurikulum muatan lokal kitab Taisirul Khalaq dalam meningkatkan akhlak siswa
di Mts Hidayatus Sholihin? (3) Bagaimna faktor pendukung dan faktor
penghambat implementasi kurikulum muatan lokal kitab Taisirul Khalaq dalam
meningkatkan akhlak siswa?.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan penelitian kualitatif dengan
jenis penelitian studi kasus. Dalam pengumpulan data menggunakan metode
wawancara, observasi dan dokumentasi dan juga angket sebagai pendukung dalam
penelitian.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1. Akhlak siswa dari sebelum
menerima pelajaran akhlak lebih mendalam sampai dengan sedang atau setelah
mempelajari kitab Taisirul Khalaq mengalami peningkatan. Hal ini sesuai dengan
hasil wawancara, observasi dan juga penyebaran angket terhadap siswa dengan
hasil 80,9% dan merupakan kategori baik. 2. Pelaksanaan kurikulum kitab
Taisirul Khalaq meliputi perencanaan, materi atau isi pengajaran kurikulum
muatan lokal, metode pengajaran, evaluasi. Adapun faktor pendukung dari
implementasi kitab Taisirul Khalaq dalam meningkatkan akhlak siswa Mts
Hidayatus Sholihin adalah kemampuan guru yang mendukung, adanya bimbingan
BTQ, lingkungan madrasah yang berada dalam lingkup pesantren. Adapun faktor
penghambatnya yaitu kemampuan siswa yang berbeda-beda.
Tidak tersedia versi lain