Text
UPAYA GURU PAI DALAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SMP NEGERI 1 BATU
Sekolah merupakan suatu Lembaga Pendidikan formal yang tumbuh serta
diakui oleh masyarakat, salah satu sekolah yang melaksanakan program
Penguatan Pendidikan Karakter ialah SMP Negeri 1 Batu. Oleh karena itu, penulis
tertarik untuk meneliti tentang Upaya Guru PAI dalam Penguatan Pendidikan
Karakter di SMP Negeri 1 Batu, dengan fokus penelitian diantaranya yaitu : 1)
Bagaimana strategi guru PAI dalam Penguatan Pendidikan Karakter pada siswa
SMP Negeri 1 Batu, 2) Faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat
dalam Penguatan Pendidikan Karakter pada siswa SMP Negeri 1 Batu.
Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Data-data dari lapangan
diperoleh melalui metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Setelah semua
data diperoleh langkah selanjutnya yaitu melakukan analisis data berupa reduksi
data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Tahap akhir dalam penelitian ini
adalah melakukan teknik pemeriksaan untuk pengecekan keabsahan data dengan
cara triangulasi. Teknik pemeriksaan didasarkan pada derajat kredibilitas, untuk
membuktikan bahwa apa yang berhasil dikumpulkan oleh peneliti telah sesuai
dengan kenyataan yang ada dalam penelitian.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa dalam pelaksanaan Penguatan
Pendidikan Karakter pada siswa SMP Negeri 1 Batu mengupayakan dengan
mengadakan program-program untuk penguatan nilai religius, nilai nasionalis,
nilai mandiri, nilai gotong-royong, dan nilai integritas. Dimana 5 nilai utama
inilah yang kembangkan dalam diri siswa untuk menjadi pribadi yang unggul. 5
nilai utama ini dikembangkakn dengan program-program sekolah seperti kantin
kejujuran, jum’at bersih, mengapilkasikan 5S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan, dan
Santun), dll. Adapun metode pembelajaran yang digunakan yaitu: 1) metode
ekspository learning kooperatif. 2) metode ceramah. 3) metode diskusi. Media
pembelajaran yang digunakan juga sangat beragam dengan menggunakan sarana
yang sudah disediakan di dalam kelas seperti LCD / Proyektor dan juga alat-alat
peraga lainnya. Adapun faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan
Penguatan Pendidikan Karakter sarana dan prasarananya sudah lengkap dan sudah
bisa membantu para guru dan siswa dalam belajar dan mengajar.
Tidak tersedia versi lain