Text
PENGARUH METODE PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP PENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR DI MTS NEGERI 2 KEDIRI
Fenomena guru yang kurang memperhatikan penggunaan metode
pembelajaran banyak dijumpai dalam dunia pendidikan. Banyak guru yang
monoton dalam menggunakan metode pembelajaran. Penggunaan metode
pembelajaran ini penting. Jika metode pembelajaran yang digunakan
efektif, secara otomatis keaktifan belajar yang diinginkan dapat tercapai
secara optimal. Untuk menjawab persoalan tersebut, pada mata pelajaran
akidah akhlak kelas VIII di MTs negeri 2 Kediri menggunakan metode
pembelajran Numbered Head Together (NHT) pada kelompok NHT dan
metode konvensional. (1) Fokus penelitian ini adalah bagaimana keaktifan
belajar siswa menggunakan metode pembelajaran Numbered Head
Together (NHT) kelas VIII di MTs Negeri 2 Kediri. (2) apakah ada
pengaruh keaktifan belajar akidah akhlak dengan menggunakan metode
pembelajaran Numbered Head Together (NHT) di MTs Negeri 2 Kediri.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dan jenis
penelitian eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan
metode angket untuk mengukur keaktifan belajar dan dokumentasi.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Negeri 2
Kediri. Sampel dalam penelitian ini kelas VIII H sebagai kelas uji coba,
kelas VIII F sebagai kelas konvensional dan kelas VIII G sebagai kelas .
Selanjtnya pada kelompok NHT diberikan perlakuan dengan
menggunakan metode pembelajaran Numbered Head Together (NHT)
sedang pada kelompok konvensional menggunakan metode pembelajaran
konvensional pada materi adab bergaul dengan saudara dan teman
kemudian setelah kedua kelas diberikan perlakuan yang berbeda kedua
kelompok diberi angket untuk mengetahui keaktifan belajar kelompok
NHT dan kelompok konvensional.
Data hasil penelitian yang terkumpul, dianalisis dengan menggunakan
teknik analisis statistik. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t, rata-rata
keaktifan belajar kelas kontrol adalah 54,13 dan kelas (eksperimen) NHT
72,45 berdasarkan hasil rata-rata berarti Ho ditolak dan Ha diterima.
Karena keaktifan belajar kelompok NHT lebih tinggi dari kelompok
konvensional yang tidak mendapatkan pembelajaran dengan metode
Numbered Head Together (NHT), maka dapat disimpulkan bahwa metode
pembelajaran Numbered Head Together (NHT) berpengaruh positif
terhadap keaktifan belajar siswa kelas VIII di MTs Negeri 2 Kediri.
Tidak tersedia versi lain