Text
DAMPAK IMPLEMENTASI METODE UMMI TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN (STUDI PERBANDINGAN METODE UMMI DI TPQ FATHUL ULUM NGADILUWIH KABUPATEN KEDIRI DAN TPQ AS SA’ADAH BANJARAN KOTA KEDIRI)
Skripsi ini membahas tentang Studi Perbandingan penerapan Metode
Ummi di TPQ Fathul Ulum Ngadiluwih Kabupaten Kediri Dan TPQ As Sa’adah
Banjaran Kota Kediri. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan (1)
Bagaimana implementasi metode Ummi antara TPQ Fathul Ulum Ngadiluwih
Kabupaten Kediri dan TPQ As Sa’adah Banjaran Kota Kediri ? (3) Bagaimana
dampak implementasi metode Ummi antara TPQ Fathul Ulum Ngadiluwih
Kabupaten Kediri dan TPQ As Sa’adah Banjaran Kota Kediri ?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian
deskriptif dan komparatif. Sedangkan untuk mendapatkan data penulis
menggunkan metode dokumentasi, observasi, wawancara. Setelah itu
menganalisis dengan teknik deskriptif dan komparatif.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode Ummi
sebagai metode pembelajaran al-Qur’an di TPQ Fathul Ulum Ngadiluwih
Kabupaten Kediri hasilnya lebih memuaskan dari pada TPQ As Sa’adah Banjaran
Kota Kediri. Hal itu karena pelaksnaan pembelajaran yang lebih disiplin dari
Ustadz/Ustadzah dan koordinasi yang baik di TPQ Fathul Ulum sehingga
penyampaiannya lebih maksimal. Prinsip pembelajaran di TPQ As Sa’adah
sangatlah baik, namun kurang disiplinnya Ustadz/Ustadzah dalam mengajar
menyebabkan ketidakmaksimalan dalam pelaksanaan pembelajaran.
Adapun saran penulis hendaknya bagi Ustadz/Ustadzah hendaklah
semakin meningkatkan kreatifitasnya untuk menumbuhkan minat dan kemampuan
dalam mengajar al-Qur’an pada santri TPQ. Bagi wali murid atau masyarakat agar
turut memantau prestasi dan kegiatan putra-putrinya serta turut membimbing mereka
agar s ukses dalam belajar membaca al-Qur’an sesuai dengan tujuan yang diharapkan
serta dapat mengamalkan kepada orang lain yang belum bisa membaca al-Qur’an
dengan baik dan benar.
Tidak tersedia versi lain