Text
STRATEGI PEMASARAN HOTEL DALAM UPAYA MENINGKATKAN OKUPANSI (Studi Kasus di Hotel Grand Surya Kediri)
Aktivitas yang dilakukan oleh manusia sangatlah beragam, dimana dengan keragaman dari aktivias tersebut maka semakin banyak juga dibutuhkan penciptaan media sebagai sarana penunjang aktivitas manusia tersebut. Salah satu aktivitas manusia adalah dalam hal kunjungan dan wisata yang mana menyebabkan dibutuhkan jasa dari perhotelan. Hal tersebut ditandai dengan semakin tingginya tingkat persaingan di dunia bisnis perhotelan dalam memasarkan produk maupun jasa kepada konsumen. Para pelaku bisnis saling berlomba lomba dalam memasarkan semua produk yang mereka tawarkan dalam rangka memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen. Berbagai macam strategi dan taktik perlu dikembangkan oleh setiap insan pemasaran. Tujuannya adalah agar mampu bersaing dalam setiap keadaan, dan apabila strategi pemasaran yang diterapkan oleh perusahaan dapat berjalan dengan lancar, maka dapat meningkatkan okupansi dari perusahaan jasa hotel.
Pada saat ini terjadi penurunan okupansi hotel Grand Surya yang disebabkan banyaknya hotel baru dan berkembang di Kota Kediri. berangkat dari hal tersebut peneliti bermaksud menelaah lebih jauh tentang 1)Bagaimana Strategi Pemasaran yang diterapkan hotel Grand Surya Dalam Upaya Meningkatkan Okupansi? 2)Bagaimana Kelebihan dan Kekurangan Strategi Pemasaran Hotel Grand Surya Dalam Upaya Meningkatkan Okupansi?
Penelitian ini adalah Penelitian Kualitatif, dalam penelitian ini mencari bagaimana tanggapan strategi pemasaran hotel Grand Surya dalam upaya meningkatkan okupansi, Metode data dengan cara wawancara dan dokumentasi terhadap Pihak Managerial dan konsumen hotel Grand Surya Kediri.
Dalam penelitian ini terdapat beberapa temuan yaitu 1)berdasarkan hasil penelitian, bahwa strategi pemasaran di hotel Grand Surya Kediri dalam meningkatkan okupansi meliputi 7P. Produk yang bermacam-macam, Lokasi pemasarannya berada di tempat yang strategis, harga yang sesuai dengan kualitas produk dan jasa . Promosi yang efektif dengan memberikan layanan diskon dan paket promo terhadap pelanggannya. karyawan yang unggul dan berkompeten dalam bidangnya yang mengutamakan kenyamanan konsumen, serta fisik hotel yang terawat dengan baik. 2)Kelebihan strategi pemasaran yang diterapkkan hotel Grand Surya diantaranya memaksimalkan marketing mix dan target pasar serta kekurangan dari strategi pemasaran yang terapkan oleh hotel Grand Surya adalah belum bekerja sama dengan media mancanegara untuk mempromosikan hotel. Hotel Grand Surya juga menjalankan strategi pemasaran yang sesuai syariat Islam seperti mengedepankan kualitas produk demi tercapainya visi dan misi hotel.
Tidak tersedia versi lain