Text
ENGARUH PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Kasus Pada Konsumen Kaos Gaplek Kediri)
Islam memberikan kebebasan kepada pemeluknya untuk melakukan usaha
(bisnis). Hal ini dilakukan sebagai upaya dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Saat ini
konsumen mengutamakan kepuasan emosional yang bisa diabadikan kemudian
dibagikan kepada teman-temannya melalui media sosial. Misalnya berbagi
pengalaman setelah mengunjungi daerah tertentu. Kaos bertema menjadi salah
satu alternatif produk yang masuk dalam kategori tersebut yang mudah ditemui.
Satu-satunya merek yang megusung produk kaos bertema Kediri adalah Kaos
Gaplek Kediri. Kaos Gaplek memilih kata “Gaplek” sebagai mereknya karena
merupakan kata khas orang Kediri. Usaha yang dirintis sendiri oleh Rizki ini
bermula dari keinginannya untuk menciptakan sebuah merek kaos original dari
Kediri untuk dijadikan souvenir atau oleh-oleh setelah berkunjung ke Kediri. Dari
merek inilah, menimbulkan persepsi di benak konsumen. Proses persepsi diawali
oleh stimuli yang mengenai konsumen. Stimuli yang merupakan segala sesuatu
yang mengenai indra dan menimbulkan persepsi bisa bermacam-macam
bentuknya Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara
Persepsi Konsumen (X) dengan Keputusan Pembelian (Y) Kaos Gaplek Kediri.
Penelitian ini dilakukan di Kaos Gaplek Kediri dengan menggunakan
pendekatan kuanitatif. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah
dengan observasi, menyebarkan kuesioner, dan dokumentasi. Adapun analisis
data dalam penelitian ini adalah uji validitas dan reliabilitas, analisis deskriptif, uji
asumsi klasik, dan uji hipotesis.
Hasil penelitian ini diketahui bahwa Hasil uji t menunjukkan nilai bahwa
nilai thitung adalah sebesar 9,628. Maka dapat disimpulkan bahwa nilai thitung =
9,628 > ttabel = 1,98260, berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Bisa diartikan terdapat
pengaruh yang signifikan antara variabel Persepsi Konsumen (X) dengan variabel
Keputusan Pembelian (Y). Kemudian uji Koefisien Determinasi menghasilkan
nilai R Square sebesar 0,467. Nilai tersebut menjelaskan bahwa persepsi
berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian Kaos Gaplek Kediri sebesar 46,7 %.
Sedangkan sisanya sebesar 53,3 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak
dimasukkan dalam penelitian ini. Faktor lain tersebut adalah budaya, sosial,
pribadi dan faktor psikologis lainnya.
Tidak tersedia versi lain