Text
HUBUNGAN KECEMASAN TERHADAP KETIDAKPASTIAN KOMISI PEMASARAN DENGAN INTENSI TURNOVER (Studi pada Agen Asuransi di PT. Prudential Life Assurance Kediri)
Agen asuransi merupakan sumber daya manusia yang sangat penting bagi perusahaan asuransi. Jika mereka mengalami kecemasan dalam menjalankan tugasnya, maka perusahaan akan mengalami penurunan produktivitas. Salah satu kecemasan yang dialami agen asuransi adalah ketidakpastian komisi pemasaran. Jika kecemasan yang dirasakan dibiarkan semakin lama, maka mereka akan melakukan usaha melarikan diri dari perusahaan dengan cara keluar dari pekerjaannya (turnover). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecemasan terhadap ketidakpastian komisi pemasaran dengan intense turnover pada agen asuransi di PT. Prudential Kediri.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif yakni berupa angka dan statistik. Sumber data dari penelitian ini berupa skala yang disebarkan kepada agen asuransi. Populasi dalam penelitian ini adalah 120 agen asuransi di PT. Prudential Kediri dengan pengambilan sampel berdasarkan tabel isac dan Michael dengan tingkat kesalahan 5 % yaitu sebanyak 89 agen asuransi. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa tingkat kecemasan terhadap ketidakpastian komisi pemasaran pada agen asuransi termasuk dalam kategori sedang yaitu sebanyak 41 agen asuransi (46%) dan tingkat intensi turnover pada agen asuransi termasuk dalam kategori sedang yaitu sebanyak 34 agen asuransi (38%). Berdasarkan hasil uji Pearson Product Moment, diperoleh nilai p value = 0,015 (
Tidak tersedia versi lain