Text
Hubungan Antara School Well-Being Dengan Kecemasan Akademik Pada Mahasiswa IAIN Kediri
Masalah yang seringkali dialami oleh mahasiswa di kampus adalah enggan
bertanya pada dosen dan kurang familiar dengan fasilitas kampus, hal ini
berakibat pada pola mahasiswa yang bereaksi negatif seperti timbulnya
kecemasan. Kondisi tersebut akan berdampak pada penilaian mahasiswa terhadap
kampusnya. Penilaian individu berkaitan dengan keadaan lingkungan tempat
belajarnya disebut dengan school well-being. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui hubungan antara school well-being dengan kecemasan akademik pada
mahasiswa IAIN Kediri.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian
deskriptif asosiatif atau hubungan. Adapun penelitian ini dilaksanakan pada
mahasiswa aktif S1 IAIN Kediri dengan jumlah populasi pada penelitian ini
adalah 6216 mahasiswa. Sedangkan pengambilan sampel pada penelitian ini
menggunakan teknik probability sampling berupa stratified random sampling,
kemudian didapatkan sampel sebanyak 330 mahasiswa. Teknik analisis data yang
digunakan pada penelitian ini adalah korelasi Product Moment dari Pearson
dengan program SPSS (Statistical Package for the Social Sciences) for Windows
Release 21.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang negatif yang
signifikan antara school well-being dengan kecemasan akademik dengan nilai
koefisien korelasi sebesar -0,653. Kemudian pada hasil penghitungan sumbangan
efektif, didapatkan bahwa sumbangan variabel school well-being dengan
kecemasan akademik sebesar 42,6%, dengan demikian masih terdapat 67,4%
faktor lain lagi yang mempengaruhi kecemasan akademik pada mahasiswa IAIN
Kediri, yang mana hal tersebut tidak diungkap dalam penelitian ini.
Tidak tersedia versi lain