Text
Pengaruh Kinerja Guru Akidah Akhlak Terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di MAN Kandat
Kinerja guru merupakan hasil kerja yang diperoleh guru dalam
organisasi sekolah setelah melaksanakan tugas dan tanggungjawab yang dimiliki
sesuai dengan standar kinerja yang telah ditetapkan. Motivasi belajar adalah
perubahan tingkah laku berdasarkan pengalaman yang telah dihadapi agar tercapai
tujuan yang diharapkan. Salah satu faktor yang mendukung keberhasilan siswa
dalam mencapai tujuan pendidikan adalah guru. Oleh karena itu, guru dituntut
untuk selalu meningkatkan kinerjanya agar motivasi siswa dalam mengikuti
pembelajaran terus mengalami peningkatan. Rumusan masalah pada penelitian ini
adalah (1) Bagaimana Kinerja guru Akidah Akhlak di MAN Kandat? (2)
Bagaimana motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MAN
Kandat? (3) Adakah pengaruh kinerja guru Akidah Akhlak terhadap motivasi
belajar siswa mata pelajaran Akidah Akhlak di MAN Kandat?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan populasi
berjumlah 691 siswa, sedangkan jumlah sampel sebanyak 247 siswa. Pengambilan
sampel ditentukan dengan teknik simple random sampling. Instrumen penelitian
yang digunakan adalah angket. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah
analisis kendall’s tau.
Kesimpulan dari hasil penelitian ini yaitu: (1) kinerja guru Akidah
Akhlak di MAN Kandat secara umum dikatakan tinggi dengan rata-rata sebesar
167.05. (2) motivasi belajar siswa di MAN Kandat secara umum dikatakan cukup
dengan rata-rata sebesar 73.68. (3) Pengaruh kinerja guru dengan motivasi belajar
siswa di MAN Kandat diketahui nilai probabilitas/ sig. (2-tailed) variabel x
(0,000) dan variabel y (0.018). Bila dibandingkan dengan nilai dari taraf nyata
0,05 dapat dikatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima karena nilai probabilitas
lebih kecil dari taraf nyata. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel x
terhadap variabel y, maka digunakan koefisien determinasi untuk menghitungnya
yaitu: Kuadrat dari koefisien korelasi X 100 = 0,743
2
X 100 = 55,2 %. Jadi dapat
dikatakan bahwa kinerja (X) memberikan pengaruh terhadap motivasi Siswa (Y)
sebesar 55,2% dan sisanya 44,8% dipengaruhi oleh faktor lain
Tidak tersedia versi lain