Text
Upaya Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Tidak Tetap di MA Ma’arif NU Kepung Tahun 2017/2018
Pada zaman sekarang untuk menjadi guru, terlebih dahulu harus menempuh pendidikan khusus sebagai guru agar bisa mendapatkan sertifikat sebagai guru. Walaupun seseorang itu sudah memiliki sertifikat mengajar belum tentu langsung bisa menjadi guru tetap. Status kepegawaiannya yang kurang jelas, seorang guru tidak tetap tidak akan tahu apakah kontraknya tersebut akan diperpanjang atau tidak. Di sinilah kepala sekolah mempunyai peranan sangat besar dalam meningkatkan kinerja guru khususnya bagi guru tidak tetap. Adanya berbagai problematika yang di hadapi oleh guru tidak tetap, kepala sekolah harus mampu menangani problematika tersebut dengan bagaimana peran kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru tidak tetap dan juga mendeskripsikan bagaimana strategi yang dialakukan oleh kepala sekolah untuk menangani masalah-masalah tersebut. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru tidak tetap di MA Ma’arif NU Kepung.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif yang dilakukan di sekolah MA Ma’arif NU Kepung. Sebagai sumber datanya adalah kepala sekolah, tenaga kependidikan dan staf, serta siswa MA Ma’arif NU Kepung. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi partisipatif, wawancara mendalam terhadap informan serta dokumentasi.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan, didapatkan hasil bahwa upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru tidak tetap dilaksanakan melalui tujuh peran sebagai kepala sekolah yakni kepala sekolah sebagai educator dengan melengkapi fasilitas untuk guru, manajer mengharuskan para guru menyelesaikan RPP sebelum KMB aktif dimulai, administrator membuatkan job deskripsion, supervisor dengan rutin melakukan classroom visitation, leader dengan aktif berinteraksi dengan semua pihak, inivator dengan mengadakan sendiri atau mengikutkan guru kegiatan seminar, dan motivator dengan memeberikan motivasi berupa kata-kata. Serta melakukan beberapa strateginya yakni pembinaan disiplin dengan memberikan contoh atau berangkat dari diri sendiri merupakan salah satu strategi yang digunkan kepala sekolah dalam pembinaan disiplin. Pembangkitan motivasi dengan memberikan nasihat atau kata-kata yang mampu membangkitkan motivasi seorang guru dalam kinerjanya yang dilakukan secara individu maupun kelompok, serta memberikan penghargaan berupa moril (senyuman) dan materi (piagam dan sejumlah uang).
Tidak tersedia versi lain