Text
Penanaman Nilai-Nilai Kejujuran Melalui Kantin Kejujuran (Studi Kasus: SMP Negeri 1 Kediri)
Adanya program kantin kejujuran di sekolah merupakan inovasi baru di
dunia pendidikan sebagai media pendidikan kejujuran bagi siswa. Namun, satu hal
yang penting diteliti adalah keberadaan kantin kejujuran dengan teknik pelayanan
self service system di sekolah jika tidak mengindahkan norma-norma, dan nilai-nilai
karakter itu justru dapat menjadi bumerang bagi dunia pendidikan karena dapat
melahirkan sikap dan tindakan yang kontraproduktif. Oleh karena itu nilai-nilai
kejujuran perlu diinternalisasikan di dalamnya. Permasalahan yang akan dijawab
dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana metode penanaman nilai-nilai kejujuran
siswa melalui kantin kejujuran di SMP Negeri 1 Kediri? 2) Bagaimana kejujuran
siswa dalam penanaman nilai-nilai kejujuran di SMP Negeri 1 Kediri?
Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui metode penanaman nilai-nilai
kejujuran siswa melalui kantin kejujuran di SMP Negeri 1 Kediri. Mengetahui dan
mendeskripsikan kejujuran siswa dalam kegiatan kantin kejujuran di SMP Negeri
1 Kediri.
Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif, dimana prosedur penelitian yang
dihasilkan adalah data deskriptif dan jenis penelitiannya adalah studi kasus. Teknik
pengumpulan data yaitu dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Sedangkan analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) Metode penanaman
nilai-nilai kejujuran pada siswa di SMPN 1 Kediri yakni Pertama, melalui
pembelajaran Pendidikan Agama. Kedua, melalui PPK (Penguatan Pendidikan
Karakter). Ketiga, nasehat dan suri tauladan. Keempat, pembiasaan melalui kantin
kejujuran. 2) Kejujuran siswa dalam kegiatan kantin kejujuran, yaitu kejujuran
siswa sangat baik, misalnya sedikit siswa yang tidak jujur, jujur dari diri sendiri
tidak ada paksaan dari orang lain, sehingga kantin kejujuran tidak mengalami
kebangkrutan.
Tidak tersedia versi lain