Text
Pengaruh Persepsi terhadap Keputusan Pembelian Produk Tupperware (Studi Kasus pada “PT. Bina Sukses Bersama” Distributor Tupperware Kediri)
Pada Saat ini perkembangan produk alat-alat rumah tangga sangat populer di kalangan konsumen, terutama konsumen yang berlatar belakang sebagai ibu rumah tangga yang berada di kota-kota besar. Banyak perusahaan yang memproduksi produk untuk rumah tangga dengan berbagai macam bentuk yang menarik sesuai dengan kebutuhan rumah tangga salah satunya adalah Tupperware. Banyak faktor yang mempengaruhi para konsumen untuk melakukan pembelian produk Tupperware. Oleh karena itu, penelitian ini bermaksud untuk mengetahui persepsi pembeli produk Tupperware, keputusan pembelian produk Tupperware, serta pengaruh persepsi terhadap keputusan pembelian produk Tupperware di PT. Bina Sukses Bersama, Distributor Tupperware Kediri.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner atau angket. Populasi pada penelitian ini adalah konsumen member PT. Bina Sukses Berama dengan sampel sejumlah 93 konsumen diambil dengan teknik simple random sampling. Sedangkan analisis data dilakukan dengan cara uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji korelasi, uji koefisien determinasi, uji regresi sederhana, serta uji hipotesis yang meliputi uji t dengan menggunakan program SPSS versi 24.0. for windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel persepsi konsumen (X) dan variabel keputusan pembelian (Y) termasuk kategori cukup baik. Observasi menunjukkan bahwa kategori cukup baik disebabkan karena karakteristik setiap konsumen produk Tupperware yang berbeda-beda. Pada uji korelasi, variabel persepsi konsumen (X) terhadap variabel keputusan pembelian (Y) memiliki pearson correlation sebesar 0,534. Sehingga persepsi konsumen terhadap keputusan pembelian produk Tupperware terdapat hubungan yang cukup kuat. Hasil uji hipotesis diperoleh nilai sig (0,000) < 0,05 kemudian untuk variabel persepsi konsumen (X) diperoleh thitung (6,018) > ttabel (1.66196) maka H0 ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara persepsi konsumen terhadap keputusan pembelian produk Tupperware di PT. Bina Sukses Bersama. Analisis data menggunakan regresi sederhana diperoleh persamaan Y= 13,933 + 0,467X. Sehingga diperoleh hasil bahwa besarnya pengaruh persepsi 0,285 atau sebesar 28,5% terhadap keputusan pembelian. Sedangkan sisanya sejumlah 71,5% dipengaruhi oleh faktor kebudayaan, sosial, pribadi, maupun faktor lain dari psikologis.
Tidak tersedia versi lain