Text
Pengaruh Gaya Hidup (Lifestyle) Terhadap Keputusan Pembelian di Shopee Online Store (Studi Pada Mahasiswa Ekonomi Syariah IAIN Kediri Angkatan 2015)
Perkembangan bisnis online mempengaruhi gaya hidup konsumen dalam
melakukan keputusan pembelian. Persepsi masyarakat dalam hal belanja di pasar
modern pun berubah dari belanja secara offline ke belanja online. Perusahaan
Shopee Online Store di Indonesia merupakan perusahaan yang menyediakan
aplikasi berbasis belanja online. Perusahaan ini menjual berbagai macam jenis
produk, seperti: pakaian pria, pakaian wanita, handphone dan aksesories,
kecantikan, perlengkapan rumah, sepatu pria, sepatu wanita, dan lain sebagainya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar “Pengaruh Gaya Hidup
(Lifestyle) Terhadap Keputusan Pembelian di Shopee Online Store (Studi Pada
Mahasiswa Ekonomi Syariah IAIN Kediri Angkatan 2015)” yang meliputi
variabel gaya hidup (Lifestyle) (independen). Mempunyai pengaruh terhadap
keputusan pembelian (dependen).
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Adapun yang menjadi
populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Ekonomi Syariah IAIN Kediri
Angkatan 2015 yang pernah berbelanja online di Shopee sejumlah 171
mahasiswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini
adalah probability sampling dengan menggunakan teknik simple random
sampling. Dengan menggunakan rumus Slovin, maka peneliti mengambil sampel
mahasiswa Ekonomi Syariah IAIN Kediri 2015 yang pernah berbelanja online di
Shopee sebanyak 120 mahasiswa.
Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa korelasi antara gaya hidup
(lifestyle) dan keputusan pembelian sebesar 0,652 yang disimpulkan bahwa hidup
(lifestyle) dan keputusan pembelian mempunyai hubungan yang kuat. Dan dari
hasil uji regresi sederhana didapatkan hasil Y = 9,377 + 0,870 X, artinya apabila
gaya hidup (lifestyle) naik 1 (satu) satuan maka keputusan pembelian konsumen
akan naik sebesar 0,870 satuan. Bedasarkan Uji t pada tabel 4.20 diketahui t
hitung = 2,547 dengan nilai signifikansi 0,012 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1
diterima, yang berarti ada pengaruh yang nyata (signifikan) variabel Gaya Hidup
(Lifestyle) (X) terhadap variabel Keputusan Pembelian (Y). Koefisien determinasi
atau R
2
(R Square) sebesar 0,425. Hal ini berarti 42,5 % keputusan pembelian
dapat dijelaskan oleh gaya hidup (lifestyle), sedangkan sisanya yaitu 57,5 %
dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini,
seperti: umur pembeli dan tahap siklus hidup, pekerjaan, situasi ekonomi serta
kepribadian dan konsep diri. Serta faktor-faktor lain yang berkaitan dengan faktor
budaya, faktor sosial, maupun faktor pribadi.
Tidak tersedia versi lain