Text
Peran Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Fikih di MTsN 8 Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018
Bagisetiap lembaga pendidikan,peran kepala madrasah sangat
dibutuhkan. Ada banyak Peran yang harus dijalankan oleh Kepala
Madrasah dalam meningkatkan kinerja guru fikih.Tugas yang sangat
penting darilembaga pendidikan adalah meningkatkan kinerja guru.
Kinerja gurufikih merupakan kemampuan seorang guru dalam
melaksanakantugaspembelajaranmatapelajaranfikihdimadrasahdan
bertanggung jawab atas peserta didik dibawah bimbingannya dengan
meningkatkanprestasibelajarpesertadidik.Olehkarenaitumeningkatkan
kinerjaguruitusangatlahpenting.Dalam meningkatkankinerjagurufikih
perankepalamadrasahsangatdibutuhkan.Olehkarenaitu,rumusanyang
harusdijawab adalah 1)Bagaimana hasilkinerja guru fikih diMTsN 8
Kediri? 2) Berapa peran yang dijalankan kepala madrasah dalam
meningkatkankinerjagurufikihdiMTsN8Kediri?
Pada penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian kualitatif.
Dengan jenis penelitian studikasus.Untuk pengumpulan data,peneliti
menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Langkah-langkah analisis data dalam penelitian iniyaitu reduksidata,
penyajian data,dan penarikan kesimpulan.Tahap-tahap penelitian yang
dilakukanolehpenelitiyaitutahappra-lapangan,tahappekerjaanlapangan,
dantahapanalisisdata.
Hasilpenelitianinidihasilkanduatemuanbahwa:1)Kinerjagurufikih
diMTsN 8Kediricukupbaikterbuktidenganhasildaripenilaiankinerja
gurufikih(PKG).DenganhasilpenilaianuntukPakSaerojimendapatkan
nilai82dansedangkanuntukIbuUmiZakiyahRatnaFaridamendapatkan
nilai80.Penilaian inidilaksanakan setiap satu tahun sekalipadabulan
November karena jika dilaksanakan pada bulan Desember tidak
memungkinkan karena pada bulan tersebutsudah tidak ada kegiatan
belajarmengajarlagi. Ada4penilaiankompetensiyangmasukdalam
penilaian kinerja guru fikih yaitu kompetensipedagogik,kompetensi
kepribadaian,kompetensisosialdankompetensiprofessional2)Kepala
madrasah berperan aktif dalam meningkatkan kinerja guru fikih hal
tersebut terbuktidengan.Kepala madrasah dapat berperan sebagai
supervisoryangmaumengevaluasiguru,melakukantindakankunjungan
kelasgunauntukmelihatkinerjagurusecaralangsung.Berperansebagai
manajerdenganmengirim danmemfasilitasigurufikihuntukmengikuti
MGMP,Diklat,wokshop,danjugapealatihansertajugamelakukanPKG
(penilaiam kinrja guru.Kepala madrasah berperan sebagaimotivator
dengan membericontoh disiplin dan juga motivasipada saatUpacara
Bendera.Dan juga berperan sebagaiadministratoruntukpermasalahan
yang ada kepala madrasah mencoba untuk terbuka dan memberiakan
solusi.
Tidak tersedia versi lain