Text
PENGARUH VARIASI METODE MENGAJAR DOSEN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA JURUSAN TARBIYAH PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM STAIN KEDIRI
ariasi metode mengajar berpengaruh terhadap motivasi belajar mahasiswa.
Motivasi yang rendah dapat menimbulkan rasa malas dalam mengikuti
pembelajaran, serta metode yang kurang bervariasi akan terasa monoton sehingga
mahasiswa menjadi bosan. Untuk mengatahui pengaruh variasi metode mengajar
dan motivasi belajar maka diperlukan penelitian agar memperoleh jawaban yang
akurat. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah 1) bagaimanakah
metode mengajar dosen di jurusan tarbiyah prodi PAI STAIN Kediri?, 2)
bagaimanakah motivasi belajar mahasiswa di jurusan tarbiyah prodi PAI STAIN
Kediri dan 3) adakah pengaruh variasi metode mengajar dosen terhadap motivasi
belajar mahasiswa jurusan tarbiyah prodi PAI STAIN Kediri?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian
lapangan (field research). Data penelitian ini dikumpulkan melalui
angket/kuesioner serta dokumentasi. Responden penelitian terdiri atas 270 orang
mahasiswa PAI angkatan 2015, 2016, dan 2017. Analisis data diawali dengan
tabulasi data, uji keterbacaan, uji validitas dan reliabilitas, uji normalitas, kemudian
dilanjutkan dengan pengujian hipotesis yang berisi uji F, analisis regresi linier
sederhana, uji t, dan uji koefisien determinasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Rata-rata hasil variasi metode
mengajar dosen 26,81 dengan standar devisiasi sebesar 3,469 yang mana dalam
pengkategorian true score nilai tersebut dapat digolongkan ke dalam skor 27-32
(Baik), 2) Rata-rata motivasi belajar mahasiswa adalah 24,00 dengan standar
devisiasinya sebesar 3,193 yang mana dalam pengkategorian true score nilai
tersebut dapat digolongkan ke dalam skor 20-25 (Cukup) dan 3) Variasi metode
mengajar dosen berpengaruh terhadap motivasi belajar mahasiswa jurusan
Tarbiyah Prodi PAI sebesar 2,1% dan sisanya 97,9% dipengaruhi oleh faktor lain
diluar faktor yang diteliti
Tidak tersedia versi lain