Text
PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL (EMOTIONAL INTELLIGENCE) TERHADAP AKHLAK SISWA DI MTS MIFTAHUL ULUM CENTONG, KOTA KEDIRI
Kecerdasan emosional merupakan kemampuan siswa untuk mengenali diri sendiri dan orang lain, kemampuan untuk mengendalikan dan mengatur diri, menempatkan motivasi dan empati, serta mampu melakukan interaksi sosial pada situasi dan kondisi tertentu serta mampu beradaptasi terhadap reaksi serta perilaku. Sedangkan akhlak adalah suatu sifat yang tertanam dalam diri manusia dan bisa bernilai baik ataupun buruk. Dalam penelitian ini diperoleh tiga rumusan masalah antara lain: Bagaimana gambaran kecerdasan emosional (Emotional Intelligence) siswa di MTs Miftahul Ulum Centong Tahun Ajaran 2017/2018? Bagaimana gambaran akhlak siswa di MTs Miftahul Ulum Centong Tahun Ajaran 2017/2018? Apakah kecerdasan emosional (Emotional Intelligence) berpengaruh terhadap akhlak siswa di MTs Miftahul Ulum CentongTahun Ajaran 2017/2018?
Penelitian ini mengunakan jenis penelitian kuantitatifdengan populasi siswa kelas VIII sebanyak 137 siswa, dan sampel sebanyak 50 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik proportionate stratified random sampling. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan metode angket, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis datanya menggunakan analisis regresi linier sederhana. Setelah dilakukannya proses penelitian dan analisis data, diperoleh hasil penelitian bahwa kondisi kecerdasan emosional siswa kelas VIII di MTs Miftahul Ulum Centong termasuk dalam kategori sedang atau cukup yang ditunjukkan dengan presentase 58% dari total 50 siswa. Sedangkan kondisi akhlaknya ditunjukkan dengan presentase 50% dari total 50 siswa. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara kecerdasan emosional dengan akhlak siswa kelas VIII di MTs Miftahul Ulum Centong. Hal tersebut dilihat dari hasil perhitungan analisis regeresi sederhana diperoleh nilai Fhitung sebesar 7,988 > 4,04, yang artinya H0 “Terdapat pengaruh antara kecerdasan emosional terhadap akhlak siswa” diterima dan H₁ “Tidak terdapat pengaruh antara kecerdasan emosional terhadap akhlak siswa” ditolak. Sedangkan R square sebesar 0,323, yang artinya kecerdasan emosional memberikan pengaruh sebesar 32,3% terhadap akhlak siswa, sedangkan 67,7% lainnya dipengaruhi oleh faktor selain kecerdasan emosional.
Tidak tersedia versi lain