Text
Pengaruh Persepsi Terhadap Keputusan Menjadi Donatur di Lembaga Yatim Mandiri Cabang Jombang
Persepsi konsumen pada dasarnya dipengaruhi oleh rangsangan fisik yang
berhubungan dengan lingkungan sekitar dan keadaan individu yang bersangkutan.
Dengan mengetahui perilaku konsumen dari persepsi yang muncul, perusahaan
atau lembaga dapat mengetahui strategi selanjutnya yang akan diambil agar
kepuasan konsumen selalu dapat terpenuhi. Pada akhirnya konsumen yang puas
akan menyebarkan pengaruh yang positif kepada orang lain sehingga akan
menimbulkan dampak yang baik bagi perusahaan. Sebuah persepsi berguna untuk
membantu konsumen dalam menentukan sebuah keputusan yang dipilih.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Tujuan dari penelitian ini adalah
untuk mengetahui seberapa besar pengaruh persepsi terhadap keputusan menjadi donatur
di Lembaga Yatim Mandiri Cabang Jombang. Populasi dalam penelitian ini adalah 1.330
donatur rutin Lembaga Yatim Mandiri Cabang Jombang. Sedangkan pengambilan jumlah
sampel dalam penelitian ini menggunakan tabel Isaac dan Michael yaitu sebanyak 275
donatur Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random
sampling (sampel yang diambil secara acak).
Dari hasil analisis data, dinyatakan bahwa data tidak normal untuk
menormalkan data maka harus menghilangkan outlier dan jumlah sampel menjadi
232 donatur. Hasil penelitian ini, mengungkapkan bahwa persepsi (X) dan
keputusan donatur (Y) berdistribusi normal, dilihat dari uji deskriptif yaitu
variabel persepsi (X) menunjukkan nilai mean 39,91, median 39,50. Pada variabel
keputusan donatur (Y) nilai mean 44,05, median 44.00. Nilai skewness variabel
persepsi adalah 0,024 dan variabel keputusan donatur 0,045 jadi kecondongan
data simetris atau berdistribusi normal. Dari hasil uji simultan yang terlihat dari
signifikasi uji t sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Berarti
bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan persepsi terhadap keputusan donatur.
Sedangkan hasil analisis regresi linier sederhana menghasilkan model persamaan Y =
6,703 + 0,936X. Nilai konstanta dalam uji regresi linier sederhana sebesar 6,703
sedangkan koefisien regresi keputusan donatur adalah 0,936. Berdasarkan hal
tersebut dapat disimpulkan bahwa jika persepsi meningkat maka akan
meningkatkan pengambilan keputusan untuk menjadi donatur di Lembaga Yatim
Mandiri Jombang. Berdasarkan analisis koefisien determinasi menunjukkan nilai
R
2
sebesar 0,782, artinya sebesar 78,2% keputusan menjadi donatur Lembaga
Yatim Mandiri Cabang Jombang dipengaruhi oleh persepsi. Sedangkan sisanya
21,8% diepngaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini antara lain faktor
budaya, faktor sosial, faktor pribadi ataupun faktor lain dari faktor psikologis.
Tidak tersedia versi lain