Text
PERAN LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR BSC DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK SMP NEGERI 1 GONDANG
Pendidikan adalah suatu proses perubahan bagi setiap manusia. Oleh karena itu, belajar merupakan suatu kebutuhan yang dirasakan sebagai suatu keharusan untuk dipenuhi sepanjang usia manusia, sejak lahir sampai akhir hayatnya. Dari pentingnya pendidikan tersebut, tentunya dalam berproses manusia akan mengalami kesulitan. Maka sebab itu, perlu pula seseorang tersebut mencari alternatif-alternatif lain untuk menangkal kesulitan yang di hadapi.
Penelitian ini berfokus pada persoalan : peran lembaga bimbingan belajar BSC dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik SMP Negeri 1 Gondang, yang kemudian dijabarkan ke dalam beberapa rumusan masalah sebagi berikut : (1) Apa motivasi peserta didik dalam mengikuti bimbingan belajar ? (2) Bagaimana upaya pihak lembaga dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik? (3) Bagaimana Output yang di hasilkan setelah mengikuti bimbingan belajar di lembaga BSC
Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, jenis penelitian yang di pakai adalah penelitian deskriptif, dengan demikian kehadiran peneliti di lapangan sangat penting dan di perlukan secara optimal. Lokasi penelitian ini terletak di Dusun Pulo Desa Campur Kecamatan Gondang dan adapun sumber data yang peneliti dapatkan berasal dari kepala lembaga bimbel, tentor, peserta bimbel, orang tua, dan guru mapel. Prosedur pengumpulan data yang peneliti pakai adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian : setelah penulis mengadakan penelitian dengan menggunakan beberapa metode diatas, penulis menyimpulkan sebagai berikut : pertama, motivasi peserta didik dalam mengikuti bimbingan belajar yaitu adanya keinginan agar tetap berada pada kelas unggulan, dapat masuk pada jenjang sekolah yang diinginkan, adanya pengaruh teman sejawat, dan adanya dukungan orang tua. . Kedua, upaya yang dilakukan pihak lembaga dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik ialah adanya pemberian motivasi, adanya pemberian tugas dan try out, kedisiplinan tentor dan evaluasi. . Ketiga, Output yang di hasilkan setelah mengikuti bimbingan belajar adalah adanya kenaikan grafik pada hasil belajar peserta didik, adanya keaktifan “respon”. Dari hasil penelitian ini di sarankan, agar koordinasi lebih ditingkatkan karena merupakan kunci keberhasilan dalam mencapai suatu tujuan dan kerjasama yang harmonis dengan pihak luar terkait kegiatan bimbingan belajar.
Tidak tersedia versi lain