Text
Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Muzaki di Lembaga Amil Zakat Infak dan Sedekah Nahdhatul Ulama (LAZISNU) Nganjuk
Kepuasan nasabah diantaranya ditentukan oleh kualitas pelayanan yang
dikehendaki oleh muzaki, sehingga kualitas pelayanan menjadi perioritas utama
lembaga amil zakat. Untuk kualitas pelayanan ada dua hal pokok yang saling
berkaitan erat yaitu harapan muzaki terhadap kualitas pelayanan dan persepsi
muzaki terhadap kualitas pelayanan. Muzaki selalu menilai suatu layanan yang
diterima dibandingkan dengan apa yang diharapkan atau diinginkan Tujuan dari
penelitian ini untuk mengetahui kualitas pelayanan di LAZISNU Nganjuk, untuk
mengetahui kepuasaan muzaki di LAZISNU Nganjuk, dan untuk mengetahui
pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasaan muzaki di LAZISNU Nganjuk.
Dalam penelitian ini karena populasi kurang dari 100 maka diambil
populasi total. Jumlah sampel diambil 81 orang muzaki tetap LAZISNU Nganjuk.
Peneliti menggunakan metode kuantitatif. Jenis data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah primer dan sekunder. Teknik pengumpulanan data
menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah analisis statistik deskriptif variabel, uji normalitas, uji hipotesis, uji
korelasi, dan uji regresi sederhana.
Berdasarkan hasil penelitian Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan
Muzaki di LAZISNU Nganjuk dikategorikan cukup, berdasarkan rumus korelasi
diperoleh 0,711 > 0,2185 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan
yang signifikan antara variabel kualitas pelayanan dengan kepuasan muzaki.
Rhitung 0,711 terletak pada rentang interval koefisien antara 0,70 – 0,90 jadi
terdapat hubungan dalam kategori tinggi. Diketahui untuk variabel kualitas
pelayanan (X) sebesar 0,000 dan besar t hitung yaitu 8.995, sedangkan besarnya t
tabel yaitu 1.99045. Pada penelitian ini t hitung 8.995 > t tabel 1.99045dan Sig (0,000)
< 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima yang artinya
variabel ada pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan (X) terhadap
kepuasan muzaki (Y). Jumlah pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan
muzaki dapat dilihat dari output B yaitu sebesar 0,328 jadi persamaan regresinya
adalah Y = 0,714 + 0,328 X. Jika variabel kualitas pelayanan naik satu satuan
maka tingkat kualitas pelayanan akan naik sebesar 0,328. Diketahui bahwa R
Square adalah 0,506. R Square dapat disebut koefisien determinasi yang dalam
hal ini berarti 50,6% kepuasan muzaki dipengaruhi oleh kualitas pelayanan,
sisanya 49,4% berasal dari variabel lain diantaranya adalah emosi, harga, kualitas
produk, biaya ataupun faktor lain yang mempengaruhi kepuasan.
Tidak tersedia versi lain