Text
Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Oppo (Studi Kasus Pada Mahasiswa S1 Fakultas Syari’ah Jurusan Ekonomi Syari’ah Angkatan 2016 IAIN Kediri)
Persaingan antar pasar industri smartphone di tanah air semakin
kompetitif. Membanjirnya produk-produk smartphone di pasaran mempengaruhi
minat konsumen yang berdampak pada keputusan pembelian. Bagi konsumen
kualitas dan harga menjadi hal utama dalam menentukan pilihan. Dimana kualitas
dan harga mampu mewakili perasaan konsumen terhadap manfaat yang akan
diterima. Manfaat tersebut mendorong konsumen melakukan pembelian. Sebagai
halnya mahasiswa Ekonomi Syari’ah IAIN Kediri sebagai pengguna smartphone
Oppo apakah hal ini disertai dengan pengetahuan mengenai kualitas dan harga.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan harga
terhadap keputusan pembelian smartphone Oppo.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, instrumen dalam
penelitian ini berupa angket yang diberikan kepada responden dalam penelitian.
Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Ekonomi
Syariah IAIN Kediri Angkatan 2016 yang pernah menggunakan atau membeli
smartphone Oppo sejumlah 94 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel yang
digunakan dalam penelitian ini adalah total sampling (sampel jenuh) yaitu dimana
jumlah sampel sama dengan populasi. Sehingga, peneliti mengambil sampel
mahasiswa Ekonomi Syariah IAIN Kediri 2016 juga sebanyak 94 orang. Metode
pengumpulan data dengan angket serta analisis data statistik. Analisis yang
digunakan yaitu analisis korelasi dan analisis regresi berganda.
Hasil penelitian mendapatkan bahwa persamaan regresi yang terbentuk
adalah Y = 14,746 + 0,236 X1 + 0,322 X2. Hasil menunjukkan bahwa Harga
memiliki pengaruh yang lebih besar daripada kualitas produk terhadap keputusan
pembelian. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa variabel harga
berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Variabel
kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.
Kemudian diketahui bahwa nilai R
(koefisien determinasi) sebesar 0,271 atau
27,1%, ini berarti kemampuan variabel bebas (kualitas produk dan harga)
menjelaskan variabel terikat (keputusan pembelian) adalah sebesar 27,1%
sedangkan sisanya sebesar 72,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti
dalam penelitian ini. Faktor lain bisa saja muncul dalam mempengaruhi keputusan
pembelian yaitu promosi dan lokasi.
Tidak tersedia versi lain