Text
Peran Penerapan Syariah Marketing Pada Pengembangan CV. FCK Corporation Kelurahan Blabak Kecamatan Pesantren Kediri
Syariah marketing adalah sebuah disiplin bisnis strategis yang
mengarahkan proses penciptaan, penawaran, dan perubahan value dari suatu
inisiator pemasar kepada stakeholders-nya, dimana keseluruhan prosesnya sesuai
dengan akad dan prinsip-prinsip muamalah. CV. FCK Corp merupakan industri
rumahan yang bergerak dibidang makanan ringan. Perusahaan ini juga
menerapkan sistem syariah marketing dalam pengembangan bisnisnya. Terbukti
dengan penggunaan konsep-konsep syariah marketing seperti menggunakan
bank-bank syariah dalam transaksional perusahaan dan menjalankan praktekpraktek
keagamaan
dalam
manajerial
perusahaan.
Penelitian
ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis
deskriptif, dimana kehadiran peneliti di lapangan sangat diperlukan. Sumber data
utama penelitian kualitatif adalah kata-kata dan tindakan, selebihnya adalah data
tambahan seperti dokumen. Metode pengumpulan data yang digunakan peneliti
adalah dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi.
Penelitian ini menghasilkan kesimpulan sebagai berikut: 1. CV. FCK
Corporation merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang industri
makanan ringan ternyata telah menerapkan konsep syariah marketing dalam
kegiatan bisnisnya, seperti menerapkan nilai-nilai keagamaan dalam keseharian
bisnisnya, merespon tanggapan konsumen dengan baik, serta meluangkan
sebagian dari omzet perusahaan untuk kegiatan keagamaan. Penerapan kegiatan
tersebut termasuk dalam aspek teitis, etis, realistis, dan humanistis. Namun dalam
prinsip-prinsip pemasaran perspektif syariah, perusahaan belum sepenuhnya
memenuhi aspek-aspek yang tertera dalam prinsip tersebut. Terbukti dengan
belum tercantumkannya hak dan harga muamalat non tunai. 2. Peran penerapan
syariah marketing ikut andil dalam pengembangan bisnis CV. FCK Corporation.
Indikatornya seperti manajemen keuangan yang sehat, penyisihan sebagian omzet
pendapatan perusahaan untuk kegiatan amal, melakukan ekspansi bauran
pemasaran hingga ke luar negeri, menggunakan jasa ekpedisi guna efisiensi dan
efektifitas pengiriman barang, serta selalu mengupgrade produk sesuai dengan
permintaan pasar, semakin menunjukkan bahwa syariah marketing sangat
berperan dalam pengembangan bisnis CV. FCK Corporation.
Tidak tersedia versi lain