Text
Upaya Sekolah Dalam Membentuk Karakter Siswa Di MAN 3 Kediri
Sekolah memiliki dua tugas khas yaitu pengembangan intelektual dan pengembangan karakter bagi siswanya. Dalam kenyataannya pembelajaran yang ada lebih berorientasi pada pengetahuan sehingga perlu adanya perhatian terhadap penanaman nilai-nilai karakter. Saat ini pemerintah menetapkan 18 karakter yang harus dikembangkan oleh sekolah kepada siswanya. Ada strategi khusus yang digunakan MAN 3 Kediri untuk menanamkan karakter kepada siswanya. Yang menjadi fokus penelitian ini adalah bagaimana upaya sekolah dalam membentuk karakter pada siswa? apa saja yang menjadi faktor pendukung upaya pembentukan karakter religius dan disiplin siswa? dan apa saja yang menjadi faktor penghambat pembentukan karakter religius dan disiplin siswa di MAN 3 Kediri?
Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Disini peneliti sebagai instrumen utama, jadi semua data akan diperoleh ketika adanya kehadiran peneliti ini. Penelitian ini di lakukan di MAN 3 Kediri, sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sekunder. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah kata-kata dan tindakan dari orang yang diamati dan diwawancarai, sedangkan data sekunder dalam penelitian ini adalah data yang digunakan untuk mendukung data yang telah diperoleh dari hasil observasi dan wawancara. Untuk mengumpulkan data penelitian, peneliti menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk pengecekan keabsahan data menggunakan ketekunan pengamatan dan triangulasi. Tahap-tahap penelitian melalui tahap pra-lapangan, tahap pekerjaan lapangan, analisis data yang meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Upaya madrasah dalam membentuk karakter religius adalah dengan memberikan teladan yang baik, menciptakan budaya yang berbasis religi, dan terdapat ekstrakurikuler yang berbasis religi. Untuk karakter disiplin upaya yang dilakukan adalah: menerapkan sistem reward and phunishment, memberikan teladan yang baik, dan menciptakan sebuah aturan. (2) Faktor pendukung upaya pembentukan karakter religius dan disiplin siswa yang dilakukan MAN 3 Kediri. Faktor pendukungnya antara lain adalah: input siswa yang bagus, image MAN 3 kediri dimata masyarakat baik, dan adanya sistem yang baik yang berupa aturan. (3) Faktor penghambat upaya pembentukan karakter karakter religius dan disiplin siswa yang dilakukan MAN 3 Kediri. Faktor penghambatnya antara lain adalah: Belum adanya kesamaan pendapat antar guru mengenai pentingnya penanaman karakter pada siswa di madrasah. Masih ada siswa yang melanggar peraturan atau tata tertib. Terdapat berberapa kegiatan rutin yang sudah berjalan, tetapi belum ada jadwal resminya.
Tidak tersedia versi lain