Text
STRATEGI KOMUNIKASI PONDOK PESANTREN AL-GHOZALI DALAM MEMPERTAHANKAN CITRA POSITIF DI MASYARAKAT
Setiap individu, kelompok, organisasi, bahkan perusahaanpun membutuhkan komunikasi. Salah satu tujuan dari berkomunikasi adalah terbentuknya citra atau penilaian yang positif dari orang lain. Citra terbentuk melalui pengetahuan dan informasi yang diterima seseorang. Pembentukan citra positif bergantung pada bagaimana komunikasi tersebut dilakukan, efektif tidaknya komunikasi yang dijalin dengan masyarakat. Pondok Pesantren Al-Ghozali merupakan salah satu pondok pesantren yang berlokasi di Desa Duwet Kecamatan Wates Kabupaten Kediri. Selain sebagai tempat menuntut ilmu agama Islam, pondok pesantren ini juga menerima pengobatan pasien rehabilitasi dan pasien gangguan kesehatan mental. Keberadaan pondok pesantren ini mendapat sambutan dukungan positif dari warga sekitar RT 29 RW 07. Bagaimana citra (penilaian) Pondok Pesantren Al-Ghozali di masyarakat, serta bagaimana strategi komunikasi yang diterapkan Pondok Pesantren Al-Ghozali dalam mempertahankan citra di masyarakat.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Adapun sumber data yang digunakan adalah data-data primer dan sekunder yang diperoleh dari hasil wawancara dan observasi di Pondok Pesantren Al-Ghozali Duwet Wates Kediri. Data dianalisa menggunakan metode analisis Miles and Huberman yang meliputi: reduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan.
Masyarakat menilai dan menyambut baik keberadaan Pondok Pesantren Al-Ghozali. Mereka terbantu dengan adanya koperasi pondok pesantren (KOPONTREN) dan semua kegiatan yang diselenggarakan oleh pondok pesantren tersebut. Keluarga pasien juga menilai pelayanan yang diberikan memuaskan. Citra pondok pesantren terbentuk dari sosok pengasuhnya yang telah dikenal sebagai pemuka agama di Duwet Wates Kediri. Pondok Pesantren Al-Ghozali sebagai pondok pesantren yang juga menangani pasien gangguan kesehatan mental dan rehabilitasi narkoba menggunakan beberapa strategi mulai dari komunikasi interpersonal melalui para santri dan keluarga pasien; mengadakan kegiatan yang bermanfaat dengan melibatkan masyarakat sekitar; serta menjalin relasi dengan BNN Kabupaten Kediri.
Tidak tersedia versi lain