Text
Pengaruh Kelompok Acuan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Perawatan Madani Skincare (Studi Kasus Mahasiswi Institut Agama Islam Negeri Kediri Angkatan 2014)
Dewasa ini telah banyak bermunculan berbagai macam bisnis usaha yang sejenis yang menuntut pelaku bisnis harus menghadirkan produk yang sesuai dengan keinginan konsumen. Salah satu bisnis usaha yang sekarang sangat dibutuhkan oleh konsumen terutama kaum wanita adalah hadirnya tempat perawatan kecantikan bagi mereka. Sehingga konsumen membutuhkan refrensi-refrensi yang cukup banyak tentang klinik kecantikan untuk meminimalisisr hal-hal yang tidak diinginkan, salah satu refrensi yang dapat diperoleh oleh konsumen yakni berasal dari kelompok acuan atau teman. Sama halnya dengan mahasiswi Ekonomi Syari’ah IAIN Kediri yang mayoritas adalah perempuan dewasa sehingga membutuhkan perawatan salah satunya adalah melakukan perawatan di Madani Skincare Kota Kediri. Adapun tujuan penelitian ini ialah: 1) Untuk mengetahui kelompok acuan pada mahasiswi Ekonomi Syari’ah IAIN Kediri Angkatan 2014. 2) Untuk mengetahui keputusan pembelian Produk Perawatan Madani Skincare di mahasiswi Ekonomi Syari’ah IAIN Kediri Angkatan 2014. 3) Untuk mengetahui pengaruh kelompok acuan terhadap keputusan pembelian produk perawatan madani skincare pada mahasiswi Ekonomi Syari’ah IAIN Kediri angkatan 2014.
Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini merupakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 89 mahasiswi dengan menggunakan sampel 89 mahasiswi. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan Sampel Jenuh. Metode pengumpulan data dengan angket dan wawancara serta analisis data statistik. Analisisi yang digunakan yaitu analisis korelasi dan analisis regresi sederhana.
Hasil penelitian mendapatkan bahwa persamaan regresi yang terbentuk adalah Y = 33,087 + 0,312X. Hasil menunjukkan bahwa kelompok acuan memiliki pengaruh yang cukup kuat terhadap keputusan pembelian. Variabel kelompok acuan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Kemudian diketahui bahwa nilai R2 (koefisien determinasi) sebesar 0,388 atau 38,8%, ini berarti kemampuan variabel bebas (kelompok acuan) menjelaskan variabel terikat (keputusan pembelian) adalah sebesar 38,8% sedangkan sisanya sebesar 61,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. faktor lain bisa saja muncul dalam mempengaruhi keputusan pembelian yaitu dari Budaya, Pribadi, dan Psikologis..
Tidak tersedia versi lain