Text
Pengaruh Persepsi Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Indosat Ooredoo (Studi Pada Mahasiswa Ekonomi Syariah IAIN Kediri Angkatan 2015)
Persepsi adalah proses yang digunakan oleh seorang individu untuk memilih,
mengorganisasi, dan menginterprestasi masukan-masukan informasi agar mereka
memilih pemahaman yang lebih berarti. Persepsi digambarkan sebagai proses dimana
individu seseorang menyeleksi, mengorganisasi dan menterjemahkan stimulasi
menjadi sebuah arti yang koheren dengan semua kejadian dunia. Keputusan
pembelian adalah keputusan mengenai apa yang akan dibeli, apakah membeli atau
tidak, kapan membeli dimana mereka membeli, dan bagaimana cara membelinya.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, instrument dalam penelitian
ini berupa angket yang diberikan kepada responden dalam penelitian. Adapun yang
menjadi populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Ekonomi Syariah IAIN
Kediri Angkatan 2015 yang pernah menggunakan atau membeli kartu Indosat
Ooredoo sejumlah 233 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan
dalam penelitian ini adalah probability sampling dengan menggunakan teknik simple
random sampling. Dengan menggunakan rumus Slovin, maka peneliti mengambil
sampel mahasiswa Ekonomi Syariah IAIN Kediri 2015 sebanyak 147 orang.
Hasil penelitian mendapatkan bahwa persamaan regresi yang terbentuk adalah
Y =15,549 + 0,681X. Jika variabel persepsi naik satu satuan maka keputusan
pembelian akan naik sebesar 0,681. Menurut hasil uji T diketahui bahwa nilai
signifikansi t (0,000 < 0,05), menandakan bahwa persepsi (X) mempunyai pengaruh
yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Berdasarkan uji
signifikansi R square yang telah dilakukan. Hasilnya, persepsi memiliki pengaruh
yang cukup signifikan terhadap keputusan pembelian yaitu sebesar 0,504 atau 50,4%,
ini berarti kemampuan variabel bebas (persepsi) menjelaskan variabel terikat
(keputusan pembelian) adalah sebesar 50,4% sedangkan sisanya sebesar 49,6%
dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti faktor
kebudayaan, sosial, pribadi maupun faktor lain dari psikologis.
Tidak tersedia versi lain