Text
Hubungan Social Support Orang Tua Dan Guru Dengan Kepatuhan Beribadah Pada Santri Di Madrasah Diniyah Roudlotut Thulab Sidoharjo
Dalam kehidupan beragama, orang tua ataupun guru hendaknya membina anak atau muridnya patuh dalam beribadah. ibadah merupakan puncak dari segala kepatuhan yang ada. ibadah juga merupakan bentuk media komunikasi langsung dan integral antara makhluk dan Khaliknya. Dalam hal ini peran orang tua dan guru sebagai sumber untuk melatih anak didik patuh dalam beribadah tidaklah kecil, social support dari mereka wajib adanya. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui tingkat social support orang tua dan guru serta kepatuhan beribadah santri di Madrasah Diniyah Roudlotut Thulab Sidoharjo.
Adapun pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif. Dengan Sampel seluruh santri Madrasah Diniyah yang berjumah 68 santri. Metode pengumpulan data penelitian ini menggunakan skala penelitian. Skala social support yang dibuat menurut teori House, dan skala Kepatuhan yang dibuat menurut Thomas Blass. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan analisis product moment dari Pearson.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa social support orang tua pada santri di Madrasah Diniyah Roudlout Thulab memperoleh skor rata-rata 67,87 dengan kategori sedang. Dan social support guru pada santri di Madrasah Diniyah Roudlout Thulab memperoleh skor rata-rata 55,71 dengan kategori rendah. Sedangkan kepatuhan beribadah pada santri di Madrasah Diniyah Roudlout Thulab memperoleh skor rata-rata 62,22 dengan kategori rendah. Kemudian dari hasil uji korelasi product moment dari Pearson di dapatkan skor korelasi social support orang tua dengan kepatuhan beribadah sebesar 0,588 dengan nilai positif dan (P=0,001). Dan skor korelasi social support guru dengan kepatuhan beribadah sebesar 0,673 dengan nilai positif dan (P=0,003). Berdasarkan hasil tersebut dapat dinyatakan bahwa Ada Hubungan yang positif Social Support Orang Tua dan Guru dengan Kepatuhan Beribadah Pada Santri Madrasah Diniyah Roudlotut Thulab Sidoharjo. dengan demikian Ha diterima dan H0 ditolak.
Tidak tersedia versi lain