Text
STUDI KOMPARASI ANTARA MODEL STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM MENINGKATKAN SIKAP ILMIAH (SCIENTIFIC ATTITUDE) PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK SISWA KELAS VIII DI MTS NEGERI 3 KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2017-2018
Sikap Ilmiah (Scientific Attitude) merupakan salah satu hal yang penting
dalam suatu proses pembelajaran. Sikap Ilmiah (Scientific Attitude) dalam kegiatan
pembelajaran mengindikasikan bahwa setiap individu mempunyai sikap rasa ingin
tahu, objektif terhadap data dan fakta, berfikir kritis, penemuan dan kreatifitas,
berpikiran terbuka dan kerjasama, dan peka terhadap lingkungan yang tinggi.. Ada
dua faktor yang mempengaruhi sikap ilmiah (Scientific Attitude) siswa yaitu faktor
internal dan faktor eksternal. Faktor internal yaitu jenis ras atau keturunan, jenis
kelamin, sifat fisik, kepribadian, bakat, dan intelegensia. Sedangkan faktor eksternal
yaitu pendidikan, agama, kebudayaan lingkungan dan sosial ekonomi. Untuk itu
penulis melakukan penelitian tentang perbedaan Sikap Ilmiah (Scientific Attitude)
siswa dengan menggunkan Model Student Team Achievement Divisions (STAD) dan
Model Contextual Teaching And Learning (CTL) kelas VIII di MTs Negeri 3 Kediri.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, sedangkan jenis penelitian
yang digunakan yaitu penelitian komparatif. Populasi dari penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas VIII MTs Negeri 3 Kediri yang berjumlah 352 siswa. Sedangkan
sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII E yang berjumlah 43 siswa dan
VIII F yang berjumlah 43 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan
menggunkan metode angket dan dokumentasi. Sedangkan analisis data statistik
menggunakan rumus Median Test.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Sikap Ilmiah (Scientific Attitude)
dengan menggunakan menggunkan Model Student Team Achievement Divisions
(STAD) kelas VIII E di MTs Negeri 3 Kediri tergolong sangat tinggi dengan rata-rata
98,8837.2) Sikap Ilmiah (Scientific Attitude) dengan menggunakan Model
Contextual Teaching And Learning (CTL) kelas VIII F di MTs Negeri 3
Kediri tergolong tinggi dengan rata-rata 92,7209. 3) Tidak terdapat perbedaan sikap
ilmiah (Scientific Attitude) siswa dengan menggunkan Model Student Team
Achievement Divisions (STAD) Dan Model Contextual Teaching And Learning
(CTL) kelas VIII E dan VIII F di MTs Negeri 3 Kediri karena skor Exact
Signifikansi 0,270 ≥ 0,05 (taraf nyata) yang berarti Ho diterima dan Ha ditolak.
Tidak tersedia versi lain