Text
HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKIDAH AKHLAK DI MAN PURWOASRI KEDIRI
Prestasi belajar merupakan salah satu indikator mutu pendidikan, prestasi belajar yang tinggi tidak akan timbul tanpa adanya usaha dari diri sendiri dan pihak-pihat terkait. Beberapa faktor yang mempengaruhi prestasi belajar salah satunya motivasi belajar dan lingkungan keluarga. Motivasi memiliki peran penting dalam menunjang prestasi belajar dan lingkungan keluarga memilik peran penting pula dalam meningkatkan prestasi belajar. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: Untuk mengetahui hubungan motivasi belajar dan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar Akidah Akhlak d MAN Purwoasri. Populasi penelitian adalah siswa kelas 2 MAN Purwoasri Kediri berjumlah 350 siswa. pengambilan sampel menggunakan random sampling sebanyak 140 responden. Analisis yang digunakan adalah uji hipotesis. data, mengklasifikasikan data, menjelaskan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: hubungan motivasi dan prestasi belajar terdapat hubungan positif dengan koefisien sebesar 0,171 dan R Squase 0,029. Hubungan antara lingkungan belajar dan prestasi beajar menunjukan nilai koefesien sebesar 0,756 dan R Squase sebesar 0,008.
Tidak tersedia versi lain