Text
IMPLEMENTASI SISTEM KREDIT SEMESTER (SKS) UNTUK MENINGKATKAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR KELAS X PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMA NEGERI 2 KOTA KEDIRI
Pendidikan pada jenjang pendidikan dasar dan menengah di Indonesia
menggunakan sistem paket, yaitu semua peserta didik menempuh pembelajaran
yang sama dalam menyelesaikan program belajarnya. Hal ini dianggap kurang
demokratis karena peserta didik tidak mendapatkan haknya untuk belajar sesuai
dengan kemampuan, bakat, dan minatnya. Peserta didik yang pandai akan
terhambat untuk menyelesaikan program studinya. Oleh karena itu, Sistem Kredit
Semester ini adalah suatu inovasi baru dalam dunia pendidikan. Sistem Kredit
Semester memberi peluang pada dunia pendidikan untuk lebih fleksibel dalam
mengembangkan kemampuan, bakat dan minat peserta didik. Fokus penelitiannya
adalah Bagaimana implementasi Sistem Kredit Semester yang digunakan di SMA
Negeri 2 Kota Kediri, Bagaimana implementasi Sistem Kredit Semester terhadap
ketuntasan belajar mata pelajaran PAI kelas X SMA Negeri 2 Kota Kediri,
Bagaimana hasil belajar kognitif dalam implementasi Sistem Kredit Semester
mata pelajaran PAI di kelas X SMA Negeri 2 Kota Kediri.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitiannya
adalah studi kasus dan pengumpulan datanya menggunakan tiga teknik yaitu
observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan membuat
gambaran secara sistematis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan. Untuk pengecekan keabsahan data, peneliti melakukan perpanjangan
pengamatan, peningkatan ketekunan dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi Sistem Kredit
Semester di SMA Negeri 2 Kota Kediri yaitu peserta didik program 2 tahun dan 3
tahun dijadikan dalam satu kelas dan pola on and off ditiadakan (2) Implementasi
Sistem Kredit Semester terhadap ketuntasan belajar PAI menggunakan Unit
Belajar Mandiri atau UKBM (3) Hasil belajar Kognitif peserta didik sudah diatas
KKM yaitu 8,7.
Tidak tersedia versi lain