Text
IMPLEMENTASI METODE INDEX CARD MATCH DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI KELAS VII-3 MTS.N TANJUNGANOM NGANJUK TAHUN 2015/2016
Penelitian ini dilakukan karena dipandang perlu adanya peningkatan dalam proses belajar mengajar, khususnya pada mata pelajaran Fikih untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Oleh karena itu perlu adanya sebuah metode baru, yaitu metode Index Card Match yang merupakan suatu proses belajar yang menyenangkan dan menuntut guru untuk menciptakan suatu strategi baru yang membutuhkan keterlibatan siswa dalam proses belajar mengajar yang nantinya akan membuat siswa lebih tertarik dan memudahkan siswa dalam memahami materi yang disampaikan. Peneliti ingin mengetahui dampak dari penerapan metode Index Card Match untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Adapun fokus penelitian adalah sebagai berikut: 1) Bagaimana penerapan metode Index Card Match untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Fikih di kelas VII-3 MTs.N Tanjunganom Nganjuk tahun pelajaran 2015/2016? 2) Apakah penerapan metode Index Card Match dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Fikih di kelas VII-3 MTs.N Tanjunganom Nganjuk tahun pelajaran 2015/2016?. Dalam penelitian ini penulis menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research), dengan jenis metode kolaboratif. Pelaksanaan PTK ini dilakukan melalui beberapa siklus. Secara sistematis, tindakanya melalui persiapan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Untuk memperoleh data penulis menggunakan metode pre-tes dan post-tes.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Penelitian dilakukan melalui beberapa tahap yaitu kegiatan pra-siklus, siklus I, dan siklus II. Padasiklus I dan II dilaksanakan selama 4 kali pertemuan (dua pertemuan pada siklus I dan dua pertemuan pada siklus II). Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. 2) metode Index Card Match dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VII-3 di MTs.N Tanjunganom Nganjuk. Hal ini telah dibuktikan dengan nilai hasil tes prestasi belajar siswa yaitu : a) Hasil tes prestasi belajar siswa kelas VII-3 sebelum penerapan Index Card Match dengan nilai jumlah rata-rata 45,45% b) Hasil tes prestasi belajar siswa kelas VII-3 pada siklus I dengan nilai jumlah rata-rata 50,00% .c) Hasil tes restasi belajar siswa kelas VII-3 pada siklus II dengan nilai rata-rata 68,18%.
Tidak tersedia versi lain