Text
Kecerdasan emosional siswa terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMP Negeri 3 Pare Tahun Pelajaran 2017/2018
Kecerdasan emosional di pandang sebagai salah satu faktor yang
memiliki pengaruh penting terhadap prestasi belajar siswa. Apabila kecerdasan
emosional siswa tinggi, maka dapat menimbulkan rasa empati, rasa saling
menghargai satu sama lain dan kesadaran motivasi diri sendiri dalam proses
belajar sehingga dapat mencapai prestasi belajar yang optimal. Sebaliknya, bila
tingkat kecerdasan emosional siswa rendah, maka berakibat menurunya prestasi
belajar siswa. Karena hasil belajar diklasifikasikan menjadi tiga ranah yaitu:
ranah kognitif, ranah afektif, ranah psikomotor. Berdasarkan uraian tersebut
adapun tujuan penelitian ini 1) Untuk mengetahui kecerdasan emosional siswa
kelas VIII di SMP Negeri 3 Pare; 2) Untuk mengetahui prestasi belajar siswa
pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII di SMP Negeri 3
Pare; 3) Untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional siswa terhadap
prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII di
SMP Negeri 3 Pare.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Instrumen pengumpulan
data pada penelitian ini adalah penyebaran angket dan dokumentasi. Populasi
penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Pare populasi berjumlah
118 siswa dengan sampel berjumlah 170 yang ditentukan menggunakan tabel
Krejcie. Analisis data statistik menggunakan rumus software SPSS 16.
Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi sederhana.
Hasil penelitian ini bahwa: 1) kecerdasan emosional mendapatkan nilai
rata-rata 135,31 yang masuk interval baik dalam interpretasi True Score.; 2)
prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII memperoleh nilai
rata-rata 85 dalam distribusi frekuensi belajar. Yang dikelompokkan ke dalam
skor 76-85 yang artinya memuaskan dengan kategori B.; 3) pengaruh kecerdasan
emosional siswa terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan
Agama Islam memiliki tingkat signifikansi sebesar 0,722>0,005 sehingga dapat
disimpulkan bahwa kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar memiliki
pengaruh yang signifikan dengan koefisien determinasi sebesar 0,001% yang
artinya variabel kecerdasan emosional (X) mempengaruhi variabel prestasi
belajar (Y) sebesar 1% dan 99% di pengaruhi oleh faktor lainnya.
Tidak tersedia versi lain