Text
Pembiasaan Nilai-Nilai Karakter Melalui Kantin Kejujuran di MTsN 2 Kota Kediri
Kantin kejujuran merupakan salah satu sarana yang tepat untuk melatih
dan membiasakan siswa dalam hal kejujuran. Kantin kejujuran adalah tempat
siswa untuk mengaplikasikan pendidikan karakter yang diperoleh di kelas. Selain
melatih dan membiasakan siswa dalam hal kejujuran ada banyak nilai-nilai
karakter yang dapat tertanam, dilatih dan dibiasakan melalui kantin kejujuran.
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan mengenai pembiasaan nilai-nilai
karakter melalui kantin kejujuran di MTsN 2 kota Kediri.
Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis
deskriptif. Pengumpulan data dengan teknik observasi partisipatif, wawancara
mendalam dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis data dilakukan dengan cara
reduksi data, penyajian data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Sedangkan untuk melakukan pengecekan keabsahan data dengan menggunakan
kredibilitas, Transferability, Depenability dan Confirmability.
Dalam penelitian ini dihasilkan penemuan yaitu 1) Pelaksanaan
pembiasaan nilai-nilai karakter melalui kantin kejujura di MTsN 2 kota Kediri
meliputi: a. Perencanaan, b.Pelaksanaan, c. Evaluasi. 2) Pembiasaan nilai-nilai
karakter melalui kantin kejujuran di MTsN 2 kota Kediri meliputi: a. Pembiasaan
nilai jujur, b. Pembiasaan nilai bertanggungjawab,c. Pembiasaan nilai mandiri, d.
Pembiasaan nilai disiplin, e. Pembiasaan nilai sabar, f. Pembiasaan nilai budi
pekerti. 3) Faktor pendukung pembiasaan nilai-nilai karakter melalui kantin
kejujuran di MTsN 2 kota Kediri meliputi: a. Sarana, b. kerjasama dengan kantin
basahan, c. dukungan dari guru, d. dukungan dari orang tua sedangkan faktor
penghambat dalam pembiasaan nilai-nilai karakter melalui kantin kejujuran di
MTsN 2 kota Kediri meliputi: a. Kurangnya minat siswa untuk membeli di kantin
kejujuran, b. ada siswa yang belum jujur, c. tidak adanya tata tertib tentang tidak
diperbolehkan membeli makanan di luar.
Tidak tersedia versi lain