Text
PESAN DAKWAH AKUN FILM MAKER MUSLIM PADA SALURAN YOUTUBE (Analisis Media Dakwah Kontemporer)
Agama dianggap sebagai kebutuhan hidup setiap individu,
maka manusia memerlukan penjelasan yang kongkrit untuk
menerima pesan dakwah yang bersifat abstrak. Film merupakan
media yang digunakan satu komunitas bernama Film Maker
Muslim (FMM) sebagai strategi dalam dakwah. Tiga film
diproduksi dengan judul “Pengantar Rezeki”, “Sang Ksatria
Subuh”, dan “Dalam Satu” dengan genre drama religi
ditayangkan melalui situs berbagi video Youtube melalui akun
Film Maker Muslim dalam tujuan dakwah lewat entertain.
Kemunculannya di tengah banyak film yang di produksi menjadi
hal yang harus diteliti baik secara makna dan media yang
digunakan untuk menyampaikan pesan dakwah.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui motif
penggunaan saluran youtube akun Film Maker Muslim dan untuk
memaparkan pesan dakwah dari tanda yang terdapat pada film
“Pengantar Rezeki”, Sang Ksatria Subuh”, dan “Dalam Satu”. Jenis
penelitian ini adalah kualitatif yakni penelitian yang menghasilkan data deskriptif
berupa kata-kata, tertulis atau lisan dari seseorang dan perilaku yang diamati.
Dengan penelitian kualitatif penulis berusaha untuk memahami pesan yang
terdapat pada film “Pengantar Rezeki”, “Sang Ksatria Subuh”, dan “Dalam Satu”.
Pendekatan yang penulis gunakan untuk mengetahui pesan dakwah yang berkaitan
dengan penelitian dalam film “Pengantar Rezeki”, “Sang Ksatria Subuh”, dan
“Dalam Satu” ini menggunakan analisis semiotika Roland Barthes untuk
mengetahui bagaimana makna denotasi, konotasi, dan mitos serta hubungan dari
ketiganya.
Hasil penelitian menunjukkan motif penggunaan saluran
youtube sebagai media dakwah oleh Film Maker Muslim
merupakan sebuah dorongan untuk mengeksplorasi dan
menciptakan sebuah minat terhadap Youtube. Karena melihat
pengguna Youtube yang besar dan aktif dalam menggunakan
saluran Youtube. Pesan dakwah yang terkandung dalam akun
Film Maker Muslim berhubungan dengan akidah,syariah,mu’amalah dan akhlak dari penyajian data yang
dianalisis menggunakan semiotika Roland Barthes dengan makna denotasi, makna konotasi dan mitos ditemukan pesan dakwah berupa Tawakal Kepada Allah, Al- Qur’an Sebagai Pedoman Hidup, Pernikahan, Shalat, Puasa, Bersedekah, dan Silaturahmi.
Tidak tersedia versi lain