Text
Bimbingan dan konseling PAUD
Meskipun Permendikbud No. 111 Tahun 2014 tentang Pedoman Bimbingan dan Konseling (BK) tidak menyebut secara eksplisit pentingnya BK pada pendidikan Anak Usia Dini (BK-PAUD), dalam Permendikbud No. 146 tentang Kurikulum 2013 ditegaskan bahwa PAUD wajib melakukan deteksi dini tumbuh kembang anak.
Secara keilmuan, deteksi dini tumbuh kembang anak merupakan bagian dari ilmu psikologi, khususnya Bimbingan dan Konseling. Atas dasar inilah BK-PAUD penting dipelajari. Menempatkan deteksi dini tumbuh kembang anak dalam bingkai BK secara komprehensif memungkinkan anak mendapatkan stimulasi edukatif yang tepat dan intervensi kecerdasan yang akurat sehingga anak terhindar dari gangguan tumbuh kembang serta terhindar dari perilaku menyimpang.
Keunggulan buku ini adalah tidak sekadar membahas BK-PAUD secara mendalam, tetapi juga dilengkapi dengan instrumen skrining deteksi dini tumbuh kembang anak, seperti Kuesioner Pra-Skrining Perkembangan (KPSP), Kuesioner Masalah Mental Emosional (KMME), Checklist for Autism in Toddler (CHAT), instrumen Tes Daya Dengar (TDD), Tes Daya Lihat (TDL), dan instrumen Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktivitas (GPPH). Bahkan, buku ini masih menambah dengan ulasan komprehensif mengenai kompetensi Konselor PAUD atau Guru PAUD Terlatih.
Judul | Edisi | Bahasa |
---|---|---|
Bimbingan dan konseling | cet.1 | 0 |
Proses bimbingan dan konseling di sekolah untuk memperoleh angka kredit | Revisi | 0 |