Text
Implementasi Pendidikan Lingkungan Hidup melalui Pelaksanaan Program Adiwiyata (Studi Kasus di SMP Negeri 4 Kediri)
Kerusakan yang terjadi di bumi tdak lain kontributor terbesarnya dalah
manusia, sebagaimana yang tertera dalam QS. Ar-Ruum ayat 41-42. Islam tidak
hanya mengatur hubungan dengan Allah, dengan sesama manuisa tetapi juga
dengan alam dan lingkungan. Melihat kerusakan yang terjadi di lingkungan
bagaimana kontribusi pendidikan dalam menangani hal tersebut. Dengan adanya
Pendidikan Lingkungan Hidup dan Adiwiyata di sekolah. Penelitian ini
dimaksudkan untuk dapat mengetahui implementasi Pendidikan Lingkungan
Hidup melalui pelaksanaan program Adiwiyata, di SMP Negeri 4 Kediri. Dengan
fokus penelitian: (1) Bagaimana perencanaan Pendidikan Lingkungan Hidup
melalui pelaksanaan Adiwiyata? (2) Bagaimana pelaksanaan Pendidikan
Lingkungan Hidup melalui program Adiwiyata? (3) Bagaimana evaluasi
Pendidikan Lingkungan Hidup melalui pelaksanaan program Adiwiyata?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Dengan jenis
penelitian studi kasus. Sebagai sumber datanya adalah kepala sekolah, tenaga
kependidikan dan staf, serta siswa SMP Negeri 4 Kediri. Teknik pengumpulan
data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi partisipatif dan
dokumentasi. Pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan (1)
Kriteria derajat kepercayaan yairu, perpanjangan keikutsertaan, ketekunan
pengamatan, triangulasi, pemeriksaan sejawat, kecukupan referensial, kajian kasus
negatif, pengecekan anggota. (2) Kriteria keteralihan. (3) Kriteria kebergantungan.
(4) Kriteria kepastian.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka didapatkan bahwa
implementasi Pendidikan Lingkungan Hidup di SMP Negeri 4 Kediri yaitu: (1)
Kegiatan perencanaan terdiri dari konsep kebijakan PLH, pembentukan tim
Adiwiyata, pitutur wali kelas, poster dan mading. (2) Kegiatan pelaksanaan yaitu
dengan adanya kebijakan sekolah terkait PLH, pelaksanaan kurikulum berbasis
lingkungan, kegiatan sekolah berbasis partisipatif, dan pengelolaan sarana
prasarana pendukung sekolah yang ramah lingkungan. (3) Kegiatan evaluasi,
dilaksanakan melalui penilaian pengetahuan dengan adanya soal dan tugas-tugas.
Penilaian sikap dengan adanya pengamatan dari guru dan yang terakhir penilaian
keterampilan dengan dilakukannya pameran.
Tidak tersedia versi lain