Text
PENGARUH PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN FIQIH TERHADAP PENGALAMAN IBADAH THOHAROH, SHALAT FARDHU DAN SHALAT BERJAMA’AH SISWA KELAS VIII DI MTs DARUL HUDA WONODADI TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Latar belakang: Mata pelajaran fiqih sebagai bagian integral dari mata
pelajaran Pendidikan Agama Islam memiliki peranan yang sangat penting dalam
menunjang keberhasilan pencapaian tujuan pendidikan di Indonesia pada aspek
spiritual siswa. Pengajaran agama akan kurang nilainya jika tidak berpengaruh
atau membekas dalam kehidupan siswa ataupun dalam amal perbuatannya,
sebaliknya pengajaran agama akan tinggi nilainya jikalau dapat melahirkan siswa
yang mau menunaikan kewajiban secara baik kepada Allah SWT. Idealnya adalah
siswa yang memiliki nilai baik dalam mata pelajaran Fiqih seharusnya juga aktif
dalam pengamalan ibadahnya. Dalam konteks pembelajaran mata pelajaran fiqih
dapat diasumsikan bahwa semakin tinggi prestasi belajar siswa maka akan
semakin baik pula pemahaman dan pengetahuan siswa tentang pengamalan ibadah
yang baik dan benar sesuai tuntunan agama Islam.
Rumusan masalah: 1. Adakah pengaruh prestasi belajar mata pelajaran
fiqih terhadap pengamalan ibadah bidang thaharah siswa kelas VIII di MTs Darul
Huda Wonodadi Blitar Tahun Pelajaran 2015/ 2016?. 2. Adakah pengaruh prestasi
belajar mata pelajaran fiqih terhadap pengamalan ibadah bidang shalat lima waktu
siswa kelas VIII di MTs Darul Huda Wonodadi Blitar Tahun Pelajaran 2015/
2016?3. Adakah pengaruh prestasi belajar mata pelajaran fiqih terhadap
pengamalan ibadah bidang shalat jama’ah siswa kelas VIII di MTs Darul Huda
Wonodadi Blitar Tahun Pelajaran 2015/ 2016?4. Adakah pengaruh prestasi belajar
mata pelajaran fiqih terhadap pengamalan ibadah siswa kelas VIII di MTs Darul
Huda Wonodadi Blitar Tahun Pelajaran 2015/ 2016?
Hasil penelitian: 1. Ada pengaruh positif yang signifikan prestasi belajar
fiqih terhadap pengamalan ibadah bidang thaharah siswa kelas VIII di MTs Darul
Huda Wonodadi Blitar Tahun Pelajaran 2015/ 2016. 2. Ada pengaruh positif yang
signifikan prestasi belajar fiqih terhadap pengamalan ibadah bidang shalat lima
waktu siswa kelas VIII di MTs Darul Huda Wonodadi Blitar Tahun Pelajaran
2015/ 2016. 3. Ada pengaruh positif prestasi belajar fiqih terhadap pengamalan
ibadah bidang shalat berjama’ah siswa kelas VIII di MTs Darul Huda Wonodadi
Blitar Tahun Pelajaran 2015/ 2016. 4. Ada pengaruh positif yang signifikan
prestasi belajar fiqih terhadap pengamalan ibadah siswa kelas VIII di MTs Darul
Huda Wonodadi Blitar Tahun Pelajaran 2015/ 2016.
Tidak tersedia versi lain