Text
Nilai-nilai Keislaman dalam Pendidikan Pancasila Kajian Atas Pemikiran Nurcholis Madjid
Latar belakang penulisan skripsi ini adalah ada organisasi masyarakat
Islam yakni HTI yang anti Pancasila yang ingin mengganti dasar negara Pancasila
dengan negara khilafah.
Mereka menganggap bahwa nilai-nilai dalam Pancasila
bertentangan dengan syariat Islam. Tentunya hal ini mengindikasikan bahwa
Pendidikan Pancasila jauh dari nilai-nilai Keislaman atau tidak mengandung nilainilai
keislaman. Dalam skripsi ini, penulis mempunyai dua rumusan masalah,
yaitu a) bagaimana pemikiran Nurcholis Madjid tentang nilai-nilai keislaman dan
Pendidikan Pancasila; b) bagaimana nilai-nilai keislaman yang terkandung dalam
pendidikan pancasila kajian atas pemikiran Nurcholis Madjid.
Skripsi ini ditulis dengan menggunakan pendekatan kualitatif, jenis
penelitannya adalah penelitian kepustakaan (library research) dengan melakukan
studi tokoh. Adapun tokohnya adalah Nurcholis Madjid. Menggunakan dua jenis
sumber data, yaitu data primer berupa buku Islam Kemordenan dan
Keindonesiaan, Ensiklopedi Nurcholis Majid jilid 1-4 Membaca Nurcholis Madjid
Islam dan Pluralisme edisi digital Tradisi Islam Peran Dan Fungsinya Dalam
Pembangunan Di Indonesia dan masih banyak lagi, serta didukung dengan data
sekunder berupa referensi penunjang lainnya yang berkaitan. Metode
pengumpulan data pada penelitian kepustakaan ini adalah metode dokumenter,
yakni dengan mengumpulkan sumber data, baik data primer maupun sekunder,
kemudian mendisplainya. Adapun analisis datanya menggunakan analisis
deskriptif dan content analysis.
Adapun hasil dari skripsi ini adalah membahas Nilai-nilai Keislaman yang
terkandung dalam Pendidikan Pancasila kajian atas pemikiran Nurcholis Madjid
yang meliputi a) Pluralisme;b) Semangat Humanistik Dan Universalitas Islam;
c) Persatuan; d) Demokrasi; dan e) Keadilan.
Tidak tersedia versi lain