Text
PENGARUH SIKAP DAN MINAT BELAJAR SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS VII MTsN 3 KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Dalam Kaitanya dengan hasil belajar, sikap serta minat belajar adalah
salah satu hal yang memiliki pengaruh cukup signifikan dalam menentukan
apakah seseorang siswa nantinya akan memiliki minat yang tinggi dalam kegiatan
belajar mengajar yang nantinya akan mempengaruhi hasil belajarnya. Hal tersebut
disebabkan sikap dan minat adalah pendorong untuk menentukan besar kecilnya
kemauan anak dalam proses belajarnya. Anak yang memiliki sikap yang baik dan
minat yang tinggi kemungkinan mempunyai hasil belajar yang tinggi yang
nantinya dapat mengantarkan anak tersebut untuk meraih apa yang dicitacitakannya.
Berangkat dari hal tersebut peneliti bermaksud menelaah lebih jauh
1)seberapa besar sikap siswa?, 2) seberapa minat siswa?, 3) seberapa besar
prestasi belajar?, 4) bagaimanakah pengaruh sikap siswa terhadap prestasi
belajar?, 5) bagaimana pengaruh minat terhadap prestasi belajar?, 6) bagaimnakah
pengaruh sikap dan minat belajar terhadap prestasi?.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif . populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas VII MTsN 3 Kediri yang berjumlah 351 siswa. Sampel
data penelitian ini diperoleh sebanyak 186 siswa. Teknik pengambilan sampel
(sampling) yang ditempuh adalah teknik Random Sampling. Metode pengumpulan
data dengan angket, metode dokumentasi, dan analisis data statistik. Peneliti
menganalisis data dengan menggunakan statistic non-parametric Kendall’s Tau
Karena data dari variabel X tidak Normal. Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa Sikap siswa tidak berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar
siswa kelas VII di MTsN 3 Kediri tahun pelajaran 2017/2018. Hal itu dibuktikan
dengan jumalah r
hitung
yang di dapat untuk variabel sikap siswa dan prestasi belajar
(0,50) adalah lebih kecil dari rh
tabel
(0,148). Ditunjukkan dengan sikap siswa kelas
VII di MTsN 3 Kediri pada tahun pelajaran 2017/2018 termasuk dalam kategori
tinggi dengan presentase 46,77% yang berpedoman pada perhitungan true score
dengan nilai rata-rata 81,2. Sedangkan untuk minat dibuktikan dengan jumalah
r
hitung
yang di dapat untuk variabel minat siswa dan prestasi belajar (0,105) adalah
lebih kecil dari rh
tabel
(0,148). Ditunjukkan dengan Minat belajar siswa di MTsN 3
Kediri pada tahun Pelajaran 2017/2018 termasuk dalam kategori tinggi dengan
presentase 45,69% yang berpedoman pada perhitungan true score dengan nilai
rata-rata 72,3. Ada korelasi antar sikap siswa dan minat belajar terhadap prestasi,
hal tersebut dapat dilihat dari skor korelasi (r
hitung
) sebsesar 0,50 untuk sikap
siswa. Sedangkan skor korelasi (r
hitung
) sebesar 0,105 untuk minat siswa dan
kedua skor tersebut lebih kecil dari skor tabel yang sebesar 0,148.
Tidak tersedia versi lain