Text
Implementasi Membaca Kitab Kuning dalam Membentuk Religiusitas Siswa di SMP Islam Al-Azhar Kediri
Perkembangan zaman dan teknologi yang semakin maju memudahkan
peserta didik dalam berinteraksi dan bersosialisasi dengan orang lain. Tidak hanya
berinteraksi secara nyata, tetapi dunia maya atau jejaring sosial seperti facebook,
twitter, instagram, yahoo, mesengger, dan lain-lain yang mampu memberikan
dampak dan pengaruh besar bagi peserta didik. Kurangnya pengawasan dari orang
tua dan guru bisa membuat peserta didik melakukan kegiatan yang menyimpang,
seperti tawuran, mengkonsumsi obat-obatan terlarang, seks bebas dan yang
lainnya. Oleh karena itu pembentukan religiusitas sangatlah penting untuk
diaplikasikan dalam dunia pendidikan agar dapat mendorong tumbuh dan
berkembangnya keshalehan peserta didik. Untuk itu peneliti memfokuskan
penelitian pada: 1) Materi apa saja yang dikaji dalam kegiatan membaca kitab
kuning, 2) Bagaimana implementasi kegiatan membaca kitab kuning dalam
membentuk religiusitas siswa dalam aspek ibadah dan akhlak, 3) Bagaimana
dampak kegiatan membaca kitab kuning dalam pembentukan religiusitas siswa
dalam aspek ibadah dan akhlak.
Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif. Adapun jenis penelitian ini
adalah studi kasus dalam penelitian ini kehadiran peneliti bertindak sebagai
instrumen sekaligus pengumpul data. Sumber data penelitian ini adalah kepala
sekolah, guru kajian kitab kuning, guru kelas dan siswa. Data diperoleh melalui
wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara
menelaah seluruh data yang ada, reduksi data, pengecekan keabsahan data,
ketekunan pengamatan dan triangulasi.
Dari penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa: 1) materi yang diajarkan
dalam kegiatan membaca kitab kuning adalah Kitab Taisirul Khallaq, Kitab
Mabadi’ Al-Fiqhiyyah dan Kitab al-Arba’in al- Nawawiyah .2) Implementasi
kegiatan membaca kitab kuning dalam aspek ibadah dan akhlak adalah melalui
contoh atau teladan, menegakkan disiplin, memberikan motivasi, memberikan
hadiah dan hukuman. 3) Dampak dari adanya kegiatan membaca kitab kuning
dalam aspek ibadah siswa mengerti tentang cara beribadah kepada Allah yang
benar, tata cara berwudhu, tata cara menghilangkan hadas kecil maupun hadas
besar, dan mengetahui rukun sholat serta hal-hal yang membatalkan sholat.
Sedangkan dalam aspek akhak siswa mengerti dan sudah menerapkan akhlak
ketika berhadapan dengan guru, tata krama bertamu dan tata krama makan dan
minum.
Tidak tersedia versi lain