Text
Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam
Penelitian ini dilakukan karena krisis akhlaq yang menerpa pada sebagian
besar lapisan masyarakat. Tidak terkecuali juga pada anak-anak sekolah. Untuk
mencegah lebih parahnya krisis akhlak tersebut, tentu tidak lepas dari peran
kepala sekolah untuk mengatasi segala problem yang ada, perlunya perhatikan
melalui lembaga pendidikan. Penelitian dilaksanakan di SMP GUPPI kuwik
Kunjang Kediri sebab, merupakan salah satu lembaga pendidikan Formal di
Tingkat Sekolah Menengah Pertama yang masih terus bertahan di tengah ketatnya
persaingan antar lembaga pendidikan. Fokus yang dikaji dalam penelitian ini
adalah Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama
Islam, Upaya Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama
Islam.
Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis
penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara,
observasi dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis data dilakukan dengan cara
reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk
melakukan pengecekan keabsahan data dengan menggunakan perpanjangan
keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi.
Dalam penelitian ini dihasilkan tiga penemuan yaitu 1) Pelaksanaan
peningkatan mutu pendidikan agama Islam siswa SMP GUPPI Kunjang kediri: a.
Dilaksanakan dengan cara kegiatan peningkatan mutu pendidikan agama Islam
melalui pembiasaan disekolah b. Evaluasi untuk penilaian peningkatan mutu
pendidikan agama Islam dengan nilai pendidikan agama Islam yang telah
diintegrasikan. Jadi, guru tidak membuat format penilaian khusus cara menilai
karakter dan religius siswa. d. Guru menilai karakter dan religius siswa diluar
kelas. 2) Faktor pendukung: a. Adanya program edukasi “ubuiyah” b. sarana
prasarana yang memadai c. Lingkungan sekolah yang kondusif d. Guru bersikap
ramah, disiplin, tegas dan santun kepada siswa. 3) Upaya untuk meningkatkan
pelaksanaan peningkatan mutu pendidikan agama Islam SMP GUPPI Kunjang
Kediri
2: a. Mengikut sertakan guru-guru dibidangnya untuk mengikuti penataranpenataran
b.
Guru selalu memberikan contoh perilaku yang baik kepada siswa c.
Melakukan konseling terhadap siswa d. Mengadakan kerjasama dengan wali
murid.
Tidak tersedia versi lain