Text
KONSEP PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF AL-GHAZALI DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN PADA MADRASAH ALIYAH (STUDI TERHADAP KITAB IHYA’ ULUMIDDIN JUZI)
Pendidikan sama sekali tidak dapat dipisahkan dari nilai-nilai ajaran Islam itu sendiri. Sebab pada hakikatnya, pendidikan merupakan usaha yang diyakini paling efektif dalam upaya mewujudkan nilai-nilai ajaran Islam itu secara utuh dan meyeluruh. Al-Ghazali merupakan seorang ulama yang mempunyai karya-karya besar salah satu diantaranya adalah kitab Ihya’ Ulumididin. Pengaruh Al-Ghazali dalam Islam tidak dapat dibantah lagi dan begitu meluasnya, ia termasuk tokoh Muslim yang pemikirannya sangat luas dan mendalam dalam bidang pendidikan. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui 1) konsep pendidikan Islam Perspektif Al-Ghazali, 2) konsep pendidikan pada Madrasah Aliyah, dan untuk mengetahui 3) Relevansi pendidikan Islam perspektif Al-Ghazali terhadap pendidikan pada Madrasah Aliyah.
Penelitian yang dilakukan ini adalah termasuk dalam jenis penelitian diskriptif kualitatif dengan library research metode yang digunakan adalah deskriptif analitis, sumber data primernya adalah kitab Ihya’ Ulumiddin dan data sekundernya adalah karya-karya yang serupa yang mempunyai tema sama. Sedangkan untuk analisisnya peneliti menggunakan cara content analysis atau analisis isi merupakan metode yang digunakan dalam penyelidikan yang meliputi pengumpulan informasi melalui penyajian arsip atau dokumen. Analisis ini dilakukan dengan menginterpretasikan dengan menyelami karya Al-Ghazali untuk menangkap arti dan nuansa yang dimaksudkan oleh Al-Ghazali secara khas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) konsep pendidikan Islam menurut Al-Ghazali meliputi: Hakikat Pendidikan Islam, Tujuan Pendidikan Islam, Pendidik, Peserta didik, kurikulum pendidikan dan metode pendidikan. 2) konsep pendidikan pada Madrasah Aliyah meliputi: Hakikat pendidikan, tujuan pendidikan, pendidik, peserta didik, kurikulum pendidikan madrasah, metode pendidikan, 3) Relevansi konsep pendidikan Islam Al-Ghazali terhadap pendidikan pada Madarasah Aliyah bahwasannya menurut Al-Ghazali ilmu yang sudah jelas kebenarannya, yaitu ilmu agama (Islam) yang menuntun kepada kebahagiaan hidup di alam akhirat dan ilmu-ilmu fardhu kifayah adalah ilmu terpuji dalam pandangan Al-Ghazali. Hal ini sesuai dengan output yang diharapkan dalam lulusan Madrasah Aliyah yakni memiliki keterampilan hidup (life skill) yang bisa menopang masa depannya dengan prinsip hidup yang Islami
Tidak tersedia versi lain