Text
IMPLEMENTASI MANAJEMEN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS KITAB KUNING DIGITAL PROGRAM KELAS DIGITAL DI MA UNGGULAN KH. ABDUL WAHAB HASBULLAH TAMBAKBERAS JOMBANG
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis kitab kuning digital ini dapat meningkatkan keefektifan pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Dalam meningkatkan keefektifan ini guru penting dalam hal manajemen pembelajaran agar tujuan pembelajaran dapat berjalan dengan baik. Pembelajaran mempunyai lingkup kegiatan yang dilakukan oleh guru secara terprogram untuk membuat siswa belajar secara aktif yang menekankan pada penyediaan sumber belajar
Anak kelas digital ini adalah anak program keagamaan yang mempunyai standar kompetensi lulusan penguasaan ilmu keagamaan yang didukung oleh kemampuan bahasa yang memadai serta penguasaan teknologi informasi, terutama untuk pembelajaran. Kemampuan yang dikuasai tidak sekedar sebagai pengguna pasif, tetapi lebih sebagai pengguna aktif yang mampu memanfaatkan semua potensi dari setiap produk IT serta trik-trik untuk memaksimalkan penggunaannya untuk menunjang pembelajaran dan pengembangan keilmuan.
Penelitian ini fokus mengkaji tentang implementasi manajemen pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis kitab kuning digital, yang meliputi: (1) perencanaan; (2) pelaksanaan; dan (3) evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis kitab kuning digital program kelas digital. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan kegiatan tentang: (1) perencanaan; (2) pelaksanaan ; dan (3) evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis kitab kuning digital program kelas digital.
Penelitian skripsi ini menggunakan rancangan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Untuk pengumpulan data, peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah memperoleh data di lapangan, selanjutnya peneliti melakukan analisis data untuk mendapatkan temuan penelitian. Keabsahan data diuji dengan menggunakan teknik triangulasi sumber data.
Dari penelitian yang telah dilakukan diperoleh penelitian, yaitu (1) perencanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis kitab kuning digital mempunyai perbedaan dengan perencanaan pembelajaran kelas reguler. Perangkat pembelajaran yang dibuat harus terintegrasi dengan sistem digital. (2) pelaksanaan program kelas digital di MA Unggulan KH. Abdul Wahab Hasbullah Tambakberas Jombang dilakukan oleh segenap orang-oramg yang menduduki jabatan dalam struktur organisasi program kelas digital. Media yang digunakan dalam kelas digital tidak sama dengan kelas reguler. Sedangkan metode pembelajaran yang digunakan oleh setiap guru berbeda sesuai dengan mata pelajaran dan situasi serta kondisi kelas tetapi kebanyakan guru di MA Unggulan KH. Abdul Wahab Hasbullah Tambakberas Jombang menggunakan metode mind mapping, langsung, dan diskusi. (3) bentuk evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas digital tidak sama dengan kelas reguler. Kebanyakan guru menggunakan evaluasi langsung (tanya jawab) individu sesuai dengan metode yang digunakan oleh guru dan evaluasi sudah berbasis komputer.
Tidak tersedia versi lain