Text
Implementasi Metode Sorogan Dalam Memudahkan Santri Memahami Kitab Kuning di Pondok Pesantren Haji Ya’qub Lirboyo – Kediri
Proses pembelajaran di pondok pesantren diajarkan dengan beberapa
model dan sistem pembelajaran. Adapun beberapa model dan sistem
pembelajarannya meliputi, metode sorogan, metode wetonan, metode hafalan, dan
metode musyawaroh. Penerapan metode pembelajarn berguna untuk membantu
para santri dalam membaca dan memahami kitab kuning. Metode sorogan
merupakan metode yang paling tepat untuk menerapkan teori-teori tentang nahwu
shorof. Hal itu dikarenakan dalam penerapan metode sorogan kyai atau ustadz
yang mengajar akan secara langsung berhadapan dengan santri yang bersangkutan
dan dengan begitu, kyai atau ustadz akan mengetahui bagaimana kemampuan
santri dalam menerapkan teori yang telah para santri terima dalam membaca kitab
kuning.Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Bagaimana perencanaan
metode sorogan di Pondok Pesantren Haji Ya’qub Lirboyo, (2) Bagaimana
pelaksanaan metode Sorogan di Pondok Pesantren Haji Ya’qub Lirboyo. (3)
Bagaimana evaluasi metode sorogan di Pondok Pesantren Haji Ya’qub Lirboyo.
(4) Bagaimana Kemampuan santri dalam memahami kitab kuning di Pondok
Pesantren Haji Ya’qub Lirboyo
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar di
Pondok Pesantren Haji Ya’qub Lirboyo Kediri. Pegumpulan data dilakukan
dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini
adalah Pengurus, Ustadz penyimak sorogan, dan santri. Sedangkan untuk analisis
data dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan
penarikan kesimpulan/verifikasi. Dan untuk pengecekan keabsahan menggunakan
pengecekan credibility, transrerability, dependability, confirmability.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan metode sorogan
di Pondok Pesantren Haji Ya’qub Lirboyo tidak menggunakan pendekatan
pembelajaran individual, tetapi lebih kepada arah klasikal dimana segala
perencanaan ditetapkan oleh pengurus dan ustadz (2) Dalam pelaksanaan metode
sorogan di Pondok Pesantren Haji Ya’qub Lirboyo, menggunakan dua metode
secara langsung yaitu metode Klasikal atau Halaqoh sebagai wadah atau model,
sedangkan dalam pelaksanaannya menggunakan pembelajaran individual di mana
santri tetap membaca kitabnya di hadapan ustadz satu persatu (3) Dalam proses
Evaluasi metode sorogan lebih bersifat ke individual, baik ustadz maupun santri,
namun dalam hal evaluasi ini sangat jarang dari santri yang melakukannya. (4)
Untuk kemampuan santri dalam memahami kitab kuning di Pondok Pesantren
Haji Ya’qub Lirboyo masuk pada predikat Baik, hal tersebut berdasarkan dari
beberapa indicator yang telah dibuat sebelumnya.
Tidak tersedia versi lain