Text
USAHA PENGRAJIN KEMOCENG BULU AYAM DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PRESPEKTIF SYARIAH MARKETING (DI UD ANEKA KARYA JALAN RAYA BULUREJO 175 BLABAK KOTA KEDIRI)
UD Aneka Karya merupakan Home Industry kemoceng bulu ayam yang
berada di Bulurejo Kota Kediri. UD Aneka Karya didirikan oleh Bapak Slamet
Sumayoto beserta istrinya Ibu Tiah. Home Industry ini telah berdiri selama 28
tahun yaitu sejak tahun 1990 hingga sekarang. UD Aneka dalam proses penjualan
tidak hanya berada di Wilayah Kediri atau Jawa Timur saja, melainkan sampai ke
luar Jawa, yaitu Papua, Bali dan Sumatra.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode yang
digunakan dalam pengumpulan data adalah teknik wawancara, obsevasi, dan
dokumentasi. Metode-metode tersebut digunakan untuk menjawab rumusan
masalah 1) Bagaimana usaha pengrajin kemoceng bulu ayam UD Aneka Karya
dalam meningkatkan penjualan; dan 2) Bagaimana usaha pengrajin kemoceng
bulu ayam UD Aneka Karya dalam meningkatkan penjualanprespektif Syariah
Marketing.
Penelitian ini menghasilkan beberapa hal sebagai berikut: masih terdapat
beberapa hal yang kurang di UD Aneka Karya. Yang mana dalam teori
peningkatan volume penjualan masih belum terpenuhi dalam penerapannya,
contohnya pengrajin belum bisa mengetahui pelanggan potensial serta pengrajin
juga belum mengadakan analisa pasar. Di UD Aneka Karya pengrajin kemoceng
bulu ayam hanya memberikan diskon volume. Sedangkan prespektif Syariah
Marketing,dalam usaha peningkatan penjualan dari segi pemasaran pengrajin
kemoceng bulu ayam belum menerapkankarakteristik Syariah Marketing yakni
Realistis. Dari segi produknya memang sudah banyak jenis kemoceng yang
dipasarkan , namun dari segi proses pemasarannya sendiri pengrajin UD Aneka
Karya belum mengembangkan cara pada zaman sekarang, misalkan saja pemasara
melalui online.
Tidak tersedia versi lain