Text
IMPLEMENTASI FULL DAY SCHOOL DALAM MENINGKATKAN PRESTASI DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MA UNGGULAN HIKMATUL AMANAH PACET MOJOKERTO
Suatu lembaga pendidikan selalu ingin menghasilakn lulusan-lulusan atau out
put yang baik, berkualitas, memiliki prestasi belajar yang bagus serta dapat
diandalkan, implementasi full day school dalam meningkatkan prestasi dan
motivasi belajar siswa. Terkait dengan hal tersebut peneliti akan merumuskan
masalah sebagai berikut; bagaima prestasi siswa, bagaimana motivasi siswa,
bagaimana implementasi full day school dalam meningkatkan prestasi dan
motivasi belajar siswa, apa saja faktor pendukung dan penghambat implementasi
full day school, bagaimana upaya dalam mengatasi hambatan full day school
Metode penelitian dalam skripsi ini adalah menggunakan pendekatan
kualitatif. Adapun jenis penelitiannya study kasus, karena dalam penelitian ini
dipandang sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa
ucapan atau tulisan dalam perilaku yang dapat diamati dari subjek itu sendiri.
Untuk metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan
dokumentasi setelah itu analisis data, dan untuk mengecek keabsahan datanya
menggunakan ketekunan pengamatan dan triangulasi.
Dari penelitian yang telah dilaksanakan diperoleh dari hasil penelitian yaitu:
(1) prestasi MA Unggulan Hikmatul Amanah Pacet Mojokerto telah membuktikan
keberhasilannya dalam pembelajarannya terbukti dengan adanya prestasi
akademik maupun non akademik yang sudah diraihnya. Hal tersebut membuat
sekolah trmasuk dalam salah satu lembaga pendidikan yang mendapatkan
akreditasi “A”, (2) Motivasi siswa MA Unggulan Hikmatul Amanah sangat tinggi,
dimana motivasi tersebut terlihat ketika pembelajaran belangsung di dalam
maupun di luar kelas. Siswa memiliki hasrat belajar yang tinggi sehinga minat
atau keinginan dalam diri mereka mampu untuk mencapai keberhasilan dalam
berkompetisi, (3) implementasi full day school dalam meningkatkan prestasi dan
motivasi belajar siswa, sudah berjalan dengan baik sesuai dengan jadwal yang
telah ditetapakan. Hal ini karena ditunjang dengan sarana dan prasarana yang
memadai serta tenaga pendidik yang sesuai dengan disiplin ilmu yang
dimilikinya. Dengan implementasi sistem full day school, maka rentan waktu
belajar relatif lebih lama sehingga emaksa siswa belajar mulai pagi hingga sore
hari. (4) faktor pendukung dan penghambat full day school, sarana dan prasarana,
guru atau pendidik, siswa dan dana, kemudian dari faktor penghambat banyak
dipengaruhi oleh diri siswa sendiri yang mengalami kendala belajar seperti capek,
ngantu, bosen dan yang lainnya.(5) upaya dalam mengatasi hambatan
implementasi full day school yaitu; pembelajaran full day school seorang guru
harus mempunyai strategi pembelajaran yang baik dan pelajaran eksak seperti
matematika, fisika, kimia dan lain-lain dijadwalkan pagi.
Tidak tersedia versi lain